Wilayah Sumut, Waspadai Hujan Lebat Disertai Guntur

Berita Medan, makobar – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewarning agar mewaspadai terjadinya potensi hujan lebat disertai guntur dalam beberapa hari kedepan di sejumlah wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan melalui prakirawannya Martha Rosefina Manurung menyampaikan, kondisi ini terkhusus terjadi di wilayah pegunungan, lereng timur, pantai barat, dan lereng barat.

“Karena dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (21/10/2019).

Martha menjelaskan, pada Senin (21/10/2019), hujan petir ini akan terjadi di Kabanjahe pada siang dan malam hari. Sedangkan di Pematang Raya akan terjadi pada siang hari, lalu untuk Sidikalang, Salak, Dolok Sanggul, dan Pangururan hujan petir akan terjadi pada malam hari.

Baca Juga :  Sidang PK Penyuap Bupati Labuhanbatu, Saksi Minta Hakim Ringankan Hukuman Asiong
Baca Juga :  Silaturahmi DsD/SdS dan Binluh, AKP Martualesi : Mari sikat habis narkoba di Sergai

“Untuk hujan lebat potensinya terjadi khususnya di malam hari, yakni Panyabungan, Padang Sidempuan, dan Sibuhuan. Sedangkan daerah lainnya hanya akan berlangsung hujan ringan hingga sedang saja,” jelasnya.

Kemudian, untuk cuaca pada Selasa (22/10/2019) Martha menerangkan, hujan petir kembali terjadi pada siang hari di Pematang Raya.

Untuk hujan lebat, berpotensi terjadi pada malam hari, yakni di Pandan, Tarutung, Kabanjahe, Sidikalang, Panyabungan, Salak, Dolok Sanggul, Sibolga dan Sibuhuan.

Sementara itu, untuk Rabu (23/10/2019) hujan petir akan terjadi pada siang hari di Kabanjahe.

Namun cuaca di daerah lain sudah cenderung hujan ringan dan berawan pada siang dan malam harinya, dan cerah berawan pada pagi harinya.

Baca Juga :  Kasat Lantas Polrestabes Medan Hadiah Sekaligus Tantangan bagi Polwan
Baca Juga :  Oknum Polisi Bersama 5 Wanita Digerebek saat Rayakan Ultah di Tempat Hiburan Malam

“Namun untuk pegunungan dan lereng timur diimbau tetap waspada, karena potensi longsor dan banjir masih tetap ada,” pungkasnya. (mc/roe)

Artikel Terkait

Senin Pagi, Kurs Rupiah Spot Kembali Menguat 0,56%

makobar.com - Pada hari ini Kamis (4/6). Pukul 10.05 WIB rupiah spot di kurs tengah Bank Indonesia (BI) kembali menguat. Kurs rupiah...

Nekat Simpan Sabu, Dua Bandit Ini Digiring ke Sel

makobar.com - Polres Labuhanbatu berhasil mengamankan dua tersangka narkotika jenis sabu, yang diduga sebagai penjual dengan menyita barang bukti dari dua lokasi...

Harga Emas Antam Hari Ini Turun Rp17.000 Per Gram

makobar.com - Pada hari ini, Kamis (4/6) Harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun lagi...

IHSG Menguat 64,16 Poin ke Level 5.004,47

makobar.com - Pagi ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada awal perdagangan hari ini, Kamis (4/6). Pukul 09.03 WIB, IHSG...

Sinopsis Film The Expendables: Para Jagoan Direkrut Jadi Agen CIA

makobar.com - Film The Expendables akan menemani malam anda bersama keluarga yang sedang jalani progarm DiRumahAja. Film Hollywood bergenre Action Thriller ini...

Ikuti Artikel Terbaru Kami Melalui Email