Home / News

Jumat, 19 Februari 2021 - 10:06 WIB

Universitas Mercu Buana Berikan Materi Entrepreneur Kepada Siswa SMA/SMK Lewat Webinar

Universitas Mercu Buana Berikan Materi Entrepreneur Kepada Siswa SMA/SMK Lewat Webinar

Universitas Mercu Buana Berikan Materi Entrepreneur Kepada Siswa SMA/SMK Lewat Webinar

makobar.com – Program pengabdian masyarakat merupakan wujud dari tridarma perguruan tinggi. Universitas Mercu Buana Jakarta bekerja sama dengan SMA/SMK dan sederajat di wilayah kecamatan Kembangan Jakarta Barat, menggelar acara webinar dengan tema Mempersiapkan Generasi Millenial yang Unggul dan inovatif. Konsep-konsep dasar kewirausahaan, pengelolaan dasar manajemen keuangan, ide kreatif praktis wirausaha, dan cara-cara berwirausaha melalui pemanfaatan teknologi informasi dikemas dalam satu tema besar.

Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta, dari Tim PPM Universitas Mercu Buana, SMK YMIK, SMA Negri 101, dan MAN 10 Jakarta, meliputi para tim dosen, mahasiswa, siswa-siswi, dan guru. Webinar ini mendapat tanggapan antusias, baik dari siswa maupun guru. Menurut Ibu Fajarwati, sebagai Kepala Sekolah SMK YMIK, acara ini sangat bagus dalam menambah wawasan tambahan bagi anak murid, terutama selama masa pandemi ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan dapat mencetuskan ide-ide segar wirausaha bagi murid-murid.

” Bagus sekali ide acara webinar yang mengusung tema wirausaha, karena bisa menjadi ilmu tambahan bagi anak didik kita untuk mempersiapkan diri dalam ketatnya persaingan di masa mendatang. ” Ungkap Fajarwati.

Edy Suroso SE.,Ak.,M.Ak.,CA.,CPA dalam materinya memberikan wawasan tentang bagaimana menemukan potensi diri dalam interpreneurship dan memulai wirausaha. Dijelaskan beberapa faktor yang membuat profesi enterpreneurs sangat diminati saat ini dan sangat hype bagi generasi millennial, di antaranya adalah meeting & greeting, sharing & knowing, supporting, networking, mentoring dan funding. Sementara itu Yulia Yustika, SE., M.Sc memberikan motivasi kepada generasi muda millennial ini untuk memulai berwirausaha sedari dini. Baik untuk mengisi waktu luang di luar waktu belajar atau sebagai full enterprenuer muda yang berkreasi aktif, menjalankan bisnis, dan mencipta lapangan kerja baru.

Baca Juga  Bersama Prima DMI, Kabaharkam Berbagi Nasi Kotak

Dalam kesempatan ini, Triyani Budyastuti, SE., M.Ak memberikan materi tentang pengetahuan dasar manajemen keuangan. Bagaimana pengelolaan keuangan dalam berwirausaha dilakukan sampai dengan cara menentukan harga jual produk dan branding. Hal ini sebagaimana pemaparan Edy Suroso SE.,Ak.,M.Ak.,CA.,CPA bahwa dalam berwirausaha perlu memiliki bekal pengetahuan dan cakap dalam menggunakan akuntansi sebagai tools yang membantu dalam pengelolaan dan informasi keuangan. Pengenalan fintech kepada para siswa juga merupakan materi yang diberikan kepada para peserta, disampaikan oleh Siti Sarpingah, SE., M.Ak. Fintech dapat memudahkan transaksi dengan adanya pembayaran elektronik dan kebutuhan memperoleh pinjaman modal untuk berwirausaha dengan adanya peer to peer landing. Bunga pinjaman juga merupakan salah satu aspek yang dikaji dan warning yang disampaikan sebagai bagian dari nilai yang perlu diperhitungkan dan dipegang.

Baca Juga  Lapas dan Rutan di Sumut Rencanakan Diagnosa Cepat Cegah Covid-19

Selain itu, basis dan ide-ide kreatif inovatif juga dipantik dalam webinar ini. Dua materi di antaranya tentang bagaimana memulai dalam membangun bisnis start-up yang memiliki nilai dan visi Syariah yang dipaparkan oleh Sofyan Halim, SE., M.,Ak. Dalam materinya dijelaskan akan pentingnya peran teknologi informasi dan internet dalam business building, utamanya dengan mempertahankan nilai-nilai dasar Syariah. Ide bisnis inovatif berwawasan lingkungan juga diberikan, yaitu praktik pembuatan sabun organik. Bisnis tidak hanya berwawasan ekonomi, perhitungan dalam akuntansi juga harus memperhitungkan aspek biaya lingkungan dan sosial. Hal ini merupakan pesan penting yang disampaikan oleh Yulis Diana Alfia, SE., MSA.

Bekal kemampuan marketing dengan penggunaan media internet dan sosial media juga diberikan khususnya kepada para siswa yang ingin memulai berwirausaha. Market merupakan aset utama bagi keberlangsungan bisnis dan sentrum edukasi bagi sosial. Karenanya materi ini merupakan bagian penting yang harus dipahami dalam memulai berwirausaha. Penggunaan media sosial dengan cara bijak dan dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri dan sosial serta kiat-kiat marketing merupakan materi yang disampaikan oleh Suri Mahrani, S.Sos., M.Ak. (mc/yud) 

Share :

Baca Juga

Buka tutup jalur medan-berastagi karena longsoran

News

Jalan Lintas Menuju Brastagi Kembali Longsor, Polisi Berlakukan Sistem Buka Tutup

News

Bawaslu Imbau Jajarannya Profesional dalam Melakukan Pengawasan
Gubernur sumatera utara edy rahmayadi

News

Bacakan amanat Kapolri, Gubernur Sumut pimpin Apel gelar pasukan Ops Lilin Toba 2020 di Mapolda Sumut
The cranberries chord zombie

News

Chord Kunci Gitar Zombie The Cranberries, Lagu yang Pernah Raih Penghargaan ‘Best Song’

News

Negeri Melaka Malaysia Beri Anugerah DMSM Kepada Said Aldi Al Idrus
Drs. Suhardi Guru Sma Listyo Sigit Prabowo

News

Guru SMA: Listyo Sigit Kecil Anak Yang Pendiam Dan Tak Banyak Tingkah Tau-Tau Mau Jadi Kapolri

News

Ops Zebra, Ditlantas Juga Edukasi Masyarakat Terkait Prokes
Gawat Ilmuwan Sebut Efek Jangka Panjang Covid-19 Rusak Berbagai Organ

News

Kepala Perawat RS Adam Malik Terpapar Covid-19