Unik ! Bunga Bangkai Mekar di Kebun Karet Pak Mahmud
Bunga bangkai yang mekar di kebun karet milik Mahmud di Sibabangun, Tapteng.(medanbisnis)

Berita Tapteng – Ada keunikan kali ini, bunga bangkai atau dikenal dengan amorphophallus, tumbuh dan mekar di Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara.

Di mana Bunga bangkai ini tumbuh di kebun karet milik Mahmud, di Air Parlabian, Kelurahan Sibabangun Kecamatan Sibabangun. Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat melalui simpang Simanosor.

Selain itu, panorama alam ditawarkan di kawasan ini cukup asri dan sejuk. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah yang luas, sungai dan bentangan perkebunan karet rakyat.

Mahmud mengatakan, pada Januari 2018, sudah ada bunga bangkai yang mekar di kebun karet miliknya, saat ini ada bunga bangkai lainnya yang sedang mekar.

“Lokasi bunga bangkai yang mekar pada Januari lalu itu tidak jauh dari sini. Pertama kali saya menemukan bunga bangkai seperti ini 5 tahun lalu,” kata Mahmud ketika menerima kunjungan Kabid Pengembangan Kapasitas Kepariwisataan Marganda Limbong bersama Staf Dinas Kominfo Tapteng, Rabu (28/3/2018).

Dia menambahkan, di sana juga terdapat batang-batang bunga bangkai yang sudah tumbuh besar tetapi tidak berbunga. Kemungkinn bunga bangkai itu jenis jantan, dan yang mekar adalah jenis betina.

“Bunga bangkai di sekitar ini ada tiga, yang satu sedang mekar dan satu lagi akan mekar sekitar dua minggu ke depan,” kata Mahmud.

Bunga bangkai yang mekar ini memiliki ketinggian lebih kurang 1,5 meter dan lebar sekira 60 cm. Waktu bunga bangkai mekar sangat terbatas paling lama 4 hari dan biasanya mengeluarkan aroma menyengat seperti bangkai.

“Bau ini muncul di puncak mekar yang berfungsi untuk menarik serangga,” tuturnya.

Kabid Pengembangan Kapasitas Kepariwisataan Dinas Pariwisata Tapteng, Marganda Limbong, mengatakan, bunga bangkai dengan bahasa latin amorphophallus ini termasuk tumbuhan langka.

“Bagian pelindung yang mekar pada bunga bangkai ini disebut braktea, sedangkan bagian tongkol yang menjulang tinggi disebut spadix. Ini termasuk tanaman endemik Indonesia,” kata Marganda.

Banyak orang yang tertarik untuk melihatnya, karena ini adalah tumbuhan langka.

“Kemunculan bunga bangkai ini tentunya menambah khasanah pesona wisata Tapteng,” ucapnya.

Anda penasaran dan ingin melihat bunga bangkai ini? Silahkan datang langsung ke lokasi, atau hubungi Mahmud di nomor 082162987594.