Berita Medan, makobar – Umat Sikh dari Suku Punjabi di seluruh dunia memperingati hari meninggalnya Guru Arjun Devji, Minggu, (16/6/2019).

Peringatan wafatnya guru kelima dari 10 guru Umat Sikh itu juga dilaksanakan di Kuil Gurdawara Sri Guru Arjun Devji, Jalan Mawar Nomor 23 Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Medan Polonia.

“Peringatan selama dua malam tiga hari ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya,” ujar Sukhjit Singh, Ketua Pengurus Gurdawara Sri Guru Arjun Devji, Sarirejo menjawab Makobar.com.

Dijelaskannya, peringatan tersebut dilaksanakan dengan ritual pembacaan kitab suci Guru Grante Savji.

“Selain itu, pada peringatan hari meninggalnya Guru Arjun Devji ini, kita sengaja mengundang Kapolda Sumut untuk memperkenalkan agama Sikh di Negara kita tercinta ini, khususnya agama Sikh, suku Punjabi,” jelasnya.

Ditambahkan Sukhjit, selain ritual pembacaan kitab suci, peringatan tersebut juga ditandai dengan jamuan makan di Kulah Lengger.

“Di Kulah Lengger, tempat jamuan makan, setiap harinya kita memperbolehkan orang dari suku dan agama mana pun untuk makan di sini dengan menu vegitarian,” tambahnya.

Sukhjit menyebutkan, di Sumatera Utara (Sumut) sendiri, ada sekitar 20 ribu umat Sikh Suku Punjabi yang tersebar.

“Sedangkan untuk kuilnya sendiri ada tujuh yaitu, kota Pematangsiantar,Tebingtinggi, Binjai dan sisanya ada di kota Medan,” sebutnya. (mc/Jam)