makobar.com | MEDAN – Pemilih perempuan di Indonesia memiliki jumlah yang sangat signifikan dalam menentukan siapa calon pemimpin negeri ini selanjutnya dalam ajang Pilpres mendatang. Ada sekitar 93 juta pemilih perempuan yang diharapkan mampu memberikan pilihan terbaik terhadap figur pemimpin mendatang.

“Kita berupaya dan berharap mayoritas dari jumlah tersebut akan memilih kembali Presiden Jokowi, terkait dengan pencapaian program kerjanya selama ini yang sudah terbukti di depan mata. Pertiwi akan berjuang untuk mensosialisasikan seluruh keberhasilan Pak Jokowi kepada masyarakat yang ada di pelosok-pelosok negeri ini, khususnya kalangan perempuan, demi mendukung tercapainya tujuan tersebut,” tandas Putri K Wardani, Ketua Perempuan Tangguh Pilih Jokowi (Pertiwi) Pusat.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara Chit Chat di mana ia tampil sebagai pembicara tunggal, yang dihadiri oleh para pengurus dan anggota Pertiwi Sumut, Direktur Relawan TKD Jokowi Ma’ruf Amin Provinsi Sumut, Agus Marwan, di Sekretariat TKD Jokowi Ma’ruf Amin Jl Gajah Mada Medan.

Putri K Wardani kepada awak media menjelaskan, pihaknya saat ini tengah berkonsentrasi di 50 titik yang tersebar di Indonesia.

“Semua anggota terus bergerak melalui jaringannya tanpa kenal lelah. Yang jelas kami di Pertiwi mengedepankan kampanye yang sehat, santun dan persuasif. Kami menjauhi tindakan mengolok-olok pihak lawan dan lebih memilih berfokus pada pencapaian kerja saja. Ibu-ibu memiliki peran menentukan bagi masa depan bangsa, terlebih mengingat posisinya yang dekat dan mobile, baik dengan anggota keluarga maupun masyarakat.” katanya.

Menurut Putri yang juga owner dari Mustika Ratu itu, pemerintahan Jokowi telah membuktikan keberpihakannya kepada perempuan.

“Lihat sendiri berapa menteri perempuan di bawah pemerintahan Pak Jokowi, seperti Ibu Menkeu, Mensos, Menteri Kelautan, kemudian Bu Retno yang menjabat Menlu, dan lainnya. Menlu wanita itu sangat jarang di dunia. Ini tentu sangat membanggakan bagi Indonesia dan merupakan komitmen Pak Jokowi dalam melibatkan kaum hawa dalam pembangunan bangsa,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pertiwi Sumut Novie Rana Mongi yang didampingi oleh Wakil Ketua Pertiwi Sumut sekaligus Ketua Jokowi – Amin Pilihan Muslimah (Jamilah) Revita Lubis, mengatakan bahwa pihaknya telah turun blusukan ke bawah, menyambangi pasar-pasar tradisional dan tidak mendapati adanya kenaikan harga.

“Kami rajin turun ke pasar dan berdialog dengan masyarakat. Semoga pergerakan kami ini dapat memberi semangat kepada para ibu-ibu lainnya yang mendukung Pak Jokowi dan Kiyai Ma’ruf,” tuturnya.

Wakil Ketua Pertiwi Sumut, Revita Lubis mengatakan, pihaknya berkomitmen penuh mengambil bagian dalam pemenangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin di Sumatera Utara. Revita mengimbau agar para simpatisan yang menjagokan kandidatnya pada masa kampanye harus beradu visi, misi, program dan gagasan.

“Buat kami kaum perempuan yang tergabung dalam Pertiwi, sekarang bukan zamannya lagi untuk mengagungkan kelebihan fisik. Sekarang zamannya adu kerja nyata dan prestasi,” ujar Revita.

Ditambahkan Revita, bila menelaah visi dan misi Pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin, maka akan jelas terlihat komitmennya terhadap kaum ibu. “Kami juga telah mendengar suara ibu-ibu yang berada di pasar-pasar dan wilayah pinggiran. Kami enggan terjebak dalam provokasi dan kampanye negatif di media sosial. Terlebih saat ini sudah ada UU ITE, yang membuat kita harus berhati-hati dalam membuat konten di dunia maya dan jangan mudah terpancing dengan hoax,” katanya.

Sebelumnya, pada bagian awal, Direktur Relawan TKD Jokowi Ma’ruf Amin Provinsi Sumut, Agus Marwan yang hadir pada pertemuan tersebut, mengemukakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi langkah dan gerakan yang diambil ibu-ibu Pertiwi.

“Kami sangat mengapresiasi Pertiwi. Mereka ini kaum independen, yang tangguh dan nyata. Bergerak secara swadaya, tak cengeng dan tak pernah menyerah,” katanya.

Kehadiran Pertiwi, menurut Agus Marwan, merupakan oase bagi Gerakan Relawan Pendukung Jokowi Ma’ruf Amin. Hubungan yang terjalin antara TKD dengan Pertiwi juga sangat solid.

“Dengan kenyataan ini, kami tetap optimis bisa mencapai target 70 % bagi kemenangan Jokowi Ma’ruf Amin di Sumut. Saya berharap ke depan Pertiwi dapat lebih intensif dalam meluaskan wilayah perjuangannya,” imbuhnya.