Home / News

Rabu, 5 Agustus 2020 - 19:14 WIB

Tiga Polisi Gadungan Ditangkap Polda Sumut, Begini Kronologisnya

makobar.com – Tim reaksi cepat Subdit Cyber Crime Ditkrimsus Polda Sumut berhasil menangkap tiga orang tersangka penipuan yang menyaru sebagai polisi gadungan berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Dirkrimsus Polda Sumut Kombes Pol Rony Samtana melalui Kasubdit Cyber Crime AKBP Bambang mengaku penangkapan berawal dari laporan masyarakat di SPKT Polda Sumut pada Rabu (29/7/2020) di mana pria berinisial SC melaporkan bahwa dirinya diperas oleh seseorang yang ia kenal di media sosial Facebook.

“Pria kenalan tersebut mengaku berpangkat AKBP dengan akun Facebook atas na Eligius Fernatubun. Di dalam Facebook itu juga ada foto-foto kegiatan berpakaian dinas Polri dan menyandang pangkat AKBP. Baik kegiatan dinas, sendiri atau bersama pejabat Polri yang cukup dikenal masyarakat luas melalui pemberitaan elektronik,” terangnya.

Berdasarkan laporan tersebut, katanya, dilakukan penyelidikan dan analisa terhadap akun dan foto yang digunakan.

“Kita menggunakan alat khusus (Alsus) Cyber untuk mengecek keberadaan pelaku yang merupakan kelompok jaringan yang melakukan kejahatan ITE dengan cara menipu, memeras dengan menggunakan media sosial,” jelasnya.

Baca Juga  19 Polsek Polda Sumut Tidak Tangani Proses Penyidikan

Ia mengaku pihaknya mengamankan tiga orang yang masing-masing bernama Johan Nababan alias Abang selaku otak pelaku, Porsea Bartolomeus alias Muhammad Rajab Hutapea dan Rivaldi Ali selaku pemilik rekening di Kecamatan Bagan Batu, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

“Saat dilakukan penangkapan kita menemukan device (alat) berupa handphone android yang digunakan pelaku, buku rekening tabungan dan ATM yang dipergunakan menerima uang transfer dari korban hasil pemerasan mereka serta beberapa barang yang dibeli dari hasil kejahatan seperti sepeda motor Yamaha RX King dan beberapa barang bukti lainnya,” pungkas Bambang.

“Ketiga pelaku ini diamankan karena melakukan pemerasan dengan cara penyebaran konten yang mengandung unsur pornografi dengan korban. Di mana pelapor merupakan satu anggota legislatif DPRD Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Sumut. Dan ketiga pelaku diamankan di Bagan Batu, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau,” jelas orang nomor satu di Subdit Cyber Crime Polda Sumut ini.

Baca Juga  Wakapolda Sumut Minta Petugas Perketat Pos Penyekatan dan Tidak Main Mata

Mengenai sudah berapa lama ketiga pria menyaru sebagai anggota polisi berpangkat AKBP untuk melakukan penipuan, Bambang menyatakan mereka sudah lama melakukan penipuan dengan menyaru menjadi polisi berpangkat AKBP. “Kurang lebih sekitar setahun. Namun mereka berhasil ditangkap karena ada yang membuat laporan kepada kita,” ujarnya.

Ketiga pelaku, akunya, dikenakan ancaman hukuman tindak pidana ITE pasal 27 ayat 4, 1 dan (b) Yo Pasal 45 ayat 1 UU RI No 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE) sebagaimana diubah dengan UU RI No 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No 8 Tahun 2011.

“Ancaman hukumannya 6 tahun penjara dan denda Rp 1 Miliar,” katanya. (mc/fan)

Share :

Baca Juga

News

Dokter Mahyono Sahabat Gubsu Meninggal karena COVID-19
Penandatanganan kerja sama baharkam polri dan bkpm

News

Tanda Tangani Kerja Sama Polri-BKPM, Kabaharkam Polri: Bukti Komitmen Polri Jamin Keamanan Berinvestasi

News

Korpolairud Baharkam Polri Kerahkan 9 Kapal dan 4 Heli Cari Pesawat Sriwijaya Air yang Jatuh di Perairan Pulau Laki
KPK Dukung Polri Bongkar Mafia Tanah di Indonesia

News

KPK Dukung Polri Bongkar Mafia Tanah di Indonesia

News

Kapolres Tanjungbalai Beri Bansos untuk Anak Personel Berprestasi
Kapolri jenderal Idham Aziz

News

Kapolri Pastikan Komjen Sigit Dikawal Senior-Junior Saat Fit and Proper Test
Batuan Tufa, Batuan Yang Terbentuk Dari Letusan Gunung Toba.

News

Team Kayak Explorasi Toba Rekam Jejak Batuan Vulkanologi Gunung Toba
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Beri Pelatihan Pembukuan dan Kreatifitas Kepada Ibu PKK dan Karang Taruna

News

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Beri Pelatihan Pembukuan dan Kreatifitas Kepada Ibu PKK dan Karang Taruna