Home / News

Selasa, 26 Januari 2021 - 01:55 WIB

Tanpa Menunggu Surat dari Pemko Medan, DPRD Bahas Pelantikan Akhyar Nasution

DPRD Medan Bahas Pepantikan Achyar Nasution

DPRD Medan Bahas Pepantikan Achyar Nasution

makobar.com – Ketua DPRD Medan Hasyim mengatakan DPRD Medan akan membahas proses pengangkatan Plt Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution menjadi Walikota Medan menggantikan Walikota Medan sebelumnya Dzulmi Eldin yang terjerat kasus suap Rp 2,1 miliar. Eldin divonis 6 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 4 bulan kurungan oleh Pengadilan Negeri Medan.

 

“Rencananya kita akan membahas pada rapat Bamus hari ini, ” ucap Hasyim saat ditanya wartawan di ruangannya, Senin (25/01/2021).

 

Dijelaskan Hasyim, sebelumnya DPRD sudah menerima surat Gubernur Sumatera Utara (Gubsu)  terkait pelantikan Ir. Akhyar Nasution menjadi Wali Kota Medan definitif. Pihaknya kemudian meminta Sekretariat DPRD Medan melakukan komunikasi dengan Pemko Medan. “Kita sudah sejak lama memerintahkan sekwan untuk komunikasi dengan Pemko Medan terkait ini. Dan baru hari ini kita dapat jawaban dari Pemko Medan, ” ungkap Hasyim.

Baca Juga  Kantor Imigrasi Kelas II Sabang Deklarasi Pembangunan Zona Integritas Menuju ABK/WBBM

 

Dijelaskannya, terkait komunikasi ini Sekda Pemko Medan menyampaikan dalam proses ini tidak perlu adanya surat dari Pemko. “Untuk proses pengangkatan itu katanya tidak perlu surat dari depan (Pemko Medan-red), padahal komunikasi itu kita lakukan mengikuti langkah yang sama saat pendefinitifan Walikota Dzulmi Eldin dari Rahudman Harahap saat itu, ” jelasnya.

 

Hasyim mengatakan, bahwa proses pengangkatan itu hanya berpedoman pada surat Gubenur. “Sesuai jawaban Sekda tidak perlu surat lagi dari Pemko, cukup surat dari Gubernur yang jadi pedoman, ” terangnya lagi.

 

Disampaikan Hasyim, pihaknya akan melakukan pembahasan di Bamus terkait persoalan ini. Jika tidak ada masalah maka proses pengusulan Pemberhentian Dzulmi Eldin dan pengangkatan Akhyar Nasution sebagai Walikota Medan sekaligus dilakukan. “Kita akan proses itu dan nanti pengusulan nya disampaikan ke Gubernur, ” ucapnya.

Baca Juga  BMPS Medan Melakukan Penataan Sekolah Berwawasan Lingkungan Untuk Mengatasi Banjir dan Menerapkan Pola Hidup Sehat

 

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Medan H. Rajudin Sagala mengaku heran dengan lambatnya proses ini. “Kita heran saja, padahal surat dari Gubernur sudah disampaikan, ” ucapnya.

 

Rajudin sangat berharap proses pendefinitifan Ir Akhyar Nasution bisa segera dilakukan karena tidak ada lagi masalah. “Kan tidak ada masalah, semuanya sudah clear, jadi kenapa harus ada proses yang lama, ini yang membuat kita heran, ” ucapnya.(mc/yud)

Share :

Baca Juga

gowes

Health

Sering Tak Nyaman Berikut Atasi Lecet di Selangkangan saat Gowes
Banjir bandang menerjang kawasan Komplek Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (19/1/2021) pagi.

News

Banjir Bandang Terjang Gunung Mas Puncak, Warga Berhambur Panik

News

Perwakilan Kemensos Antusias Untuk Kampung Kubur Bisa Berbenah Ke Hal Positif

News

MPW-PP Sumut Peringati HUT Ke-61 dengan Bakti Sosial

News

Korpolairud Baharkam Polri Kerahkan 9 Kapal dan 4 Heli Cari Pesawat Sriwijaya Air yang Jatuh di Perairan Pulau Laki
Pesawat pembom dan jet tempur China. Foto/gma network

Internasional

12 Pesawat Tempur China Masuki Wilayah Pertahanan Taiwan
Resep Pepes Tahu yang Buat Seger Hari Penatmu

Entertainment

Resep Pepes Tahu yang Buat Seger Hari Penatmu
Tsunami aceh 2004 ( sumber: tribunnews.com)

Artikel

Tsunami Aceh 2004 in memory: 16 Tahun Lewati Masa Kesedihan