Selesai Diperiksa, JR Saragih Bercengkrama dengan Pendukungnya
JR Saragih Menyampaikan orasinya setelah menjalani pemeriksaan Gakkamdu (19/3/2018)

Berita Medan – Pasca menjalani pemeriksaan Sentra Penegakan Hukum Terpadu Sumatera Utara, JR Saragih enggan memberikan komentar. Langkah pasti JR tertuju kepada pendukungnya yang berunjuk rasa sejak pagi dengan menaiki kendaraan yang menjadi podium dalam penyampaian aspirasi pendukung.

Terlihat bersedih, JR Saragih memberikan apresiasi kepada pihak kepolisian dan masyarakat yang memberikan dukungan kepadanya. “Saya sudah selesai diperiksa, saya mau kembali bekerja seperti biasa sambil menunggu putusan PTUN” ujarnya.

Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan mengatakan, pemeriksaan terkait dugaan pemalsuan dokumen tersebut menjadi kewenangan penyidik Sentra Gakumdu.

Pihaknya belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut karena belum menerima hasil pemeriksaan dari Sentra Gakkumdu.

Baca Juga : Sidang Pemeriksaan JR Saragih Diwarnai Demo

Ditanyakan mengenai izin dari Kementerian Dalam Negeri terkait pemeriksaan JR Saragih selaku bupati Kabupaten Simalungun, Safrida menjelaskan bahwa hal itu tidak diperlukan karena kasusnya berbeda.

“Ini bukan tindak pidana umum, melainkan tindak pidana pilkada. pemilihan. Penanganannya juga sangat terbatas, di penyidikan hanya 14 hari kerja,” ujarnya.

Sentra Penegakan Hukum Terpadu Sumatera Utara memeriksa JR Saragih terkait kasus dugaan pemalsuan dokumen dalam pencalonan gubernur Sumatera Utara.

Pemeriksaan tersebut berlangsung di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jalan Adam Malik Medan dengan pengawalan ketat personel kepolisian, Senin (19/3/2018). (mc/min)