Home / News

Kamis, 25 Februari 2021 - 19:31 WIB

Rutan Klas I Labuhan Deli dan Inovasi NapiGo


Kepala Rutan Klas I Labuhan Deli, Nimrot Sihotang, menunjukan aplikasi NapiGo

Kepala Rutan Klas I Labuhan Deli, Nimrot Sihotang, menunjukan aplikasi NapiGo

makobar.com – Perkembangan digital di Indonesia begitu cepat dan pesat. Tentunya hal ini membuat sebagian orang, seperti pelaku usaha, maupun intansi atau lembaga melakukan transformasi dan inovasi.

Baik itu, terkait pelayanan publik maupun informasi secara digital. Satu di antaranya Rutan Klas I Labuhan Deli Kota Medan, merupakan sebuah lembaga pemerintahan yang melakukan tranformasi dan inovasi terkait pelayanan iformasi kepada publik.

Kepala Rutan Klas I Labuhan Deli, Nimrot Sihotang, menyampaikan dalam perkembangan era digital yang semakin pesat di Indonesia, Rutan Klas I Labuhan Deli Kota Medan menciptakan aplikasi yang bernama NapiGo.

“Aplikasi NapiGo ini, diciptakan karena bangsa kita sudah mengalami perkembangan digital. Tak lain juga menunjang program pemerintah Indonesia, terutama program bapak kita, bapak Kementerian Hukum dan Ham RI. Di mana lembaga pemerintahan harus berinovatif untuk melayani masyarakat melalui satu data. Maka kami ciptakan aplikasi NapiGo di Rutan ini, yang merupakan aplikasi pertama di Indonesia sebagai pelayanan publik,” ujarnya.

Maka hadirlah aplikasi NapiGo di Rutan Klas I Labuhan Deli, untuk menunjukkan kami telah mengaplikatifkan apa yang menjadi program pemerintah Republik Indonesia.

Jadi, di aplikasi NapiGo ini, masyarakat sudah bisa mengakses aplikasi NapiGo untuk mengetahui jadwal berkunjung, dan untuk mengetahui kapan saudaranya akan bebas dari Rutan Klas I Labuhan Deli.

Lanjutnya, aplikasi ini juga diupdate per tiga bulan. Alasanya, karena Rutan Klas I Labuhan Deli bisa dapat menghitung dan merapikan administrasi dalam hitungan mereka.

Sambung Nimrot Sihotang menjelaskan, ide membuat aplikasi NapiGo ini terinfluence oleh dirinya sendiri dan aplikasi ini juga merupakan bagian dari nama saya sendiri.

Bahkan ide ini juga muncul dari penderitaan – penderitaan dari dirinya sendiri yang melakoni sebagai petugas Rutan.

Baca Juga  Polri kembali Terbitkan Surat Telegram Sikapi PPKM Tahap II yang Belum Optimal

“Kenapa saya bilang penderitaan, karena hari – hari saya berkantor di tempat yang menurut saya di tempat orang – orang yang menderita. Sekalipun orang luar menilai, itu terjadi karena prilaku mereka. Akan tetapi saya sendiri sebagai petugas lemabaga pemasyarakatan bahwa kami memiliki sepuluh prinsip petugas pemasyarakatan, kami sebagai orangtua bagi mereka, sebagai penegak hukum, dan sebagai teman,” ucapnya.

Sehingga munculah sebuah pemikiran, bagaimana mereka (Warga Binaan Pemesayarkatan) dapat terlayani dan bagaimana supaya keluarga dari Warga Binaan Pemesayarkatan (WBP) cepat, tetap efisien, dan juga tak mengeluarkan biaya untuk mendapatkan pelayanan dari Rutan Klas I Labuhan Deli Kota Medan.

“Jadi, aplikasi NapiGo ini dipalikasikan pada tahun 2019. Namun setiap saat kita ada update atau pembaharuan per tiga bulan terkait aplikasi ini,” pungkasnya.

Selanjutnya, Nimrot Sihotang menjelaskan di dalam aplikasi NapiGo, masyarakat luas dapat mengetahui dari hal – hal informasi yang sangat umum, mengenai Rutan Klas I Labuhan Deli Kota Medan, tugas pokok dari rutan tersebut, organisasi rutan tersebut.

Kemudian, ada yang membuat lebih dari aplikasi lainnya, di aplikasi NapiGo ada Ekspirasi Narapidana.

Jadi, Ekspirasi Narapidana ini adalah masyarakat yang keluarganya menjadi WBP, dapat mengetahaui kapan keluagarnya akan bebas atau akan selesai menjalani hukumannya.

Tak hanya itu, masyarkat juga dapat mengetahui jam kunjungan, dan masyarkat yang ingin berkunjung dapa mendaftar dari rumahnya melalui aplikasi ini.

“Inilah yang disampaikan pak presiden dan pak menteri Menkumham bahwa negara hadir di tengah masyarkat. Kami malah menghadirkan negara di rumahnya, bahkan di gawaimya masing – masing. Mereka yang ingin berkunjung dapat daftar di aplikasi ini, nantinya mereka begitu sampai depan kantor kami, mereka akan mendapatkan nomor antrean,” ujarnya.

Baca Juga  Font Chat Whatsapp Berwarna, Begini Caranya

Kemudian, mereka juga dapat mengisi kolom pengaduan di aplikasi ini dan dapat megisi survey. Nah yang membuat aplikasi NapiGo ini lebih berbeda lagi, mereka dapat mendownload surat jaminan.

Seperti surat jaminan untuk pengurusan CB, PB dan Asimilasi. Jadi, gunanya aplikasi ini juga untuk mengurangi tingkat pertemuan antar petugas dan masyarkat, untuk mengurangi hal – hal negatif.

“Gunanya aplikasi ini, mengurangi tingkat pertemuan antar petugas dan masyarkat, agara mengurangi hal – hal negatif, seprti pungli. Lalu, kami juga mengurangi untuk masyarkat yang berulang – ulang ke kantor kami, dan intinya dapat mengurangi cost atau biaya mereka. Jadi mereka tak perlu ongkos atau minyak lagi untuk menjemput surat ini, jadi masyarkat sudah bisa download di aplikasi NapiGo,” tuturnya.

Selain itu, ia juga mngatakan di aplikasi NapiGo ini juga terdapat informasi untuk teman – teman pers. Seperti informasi berita terbaru terkait kegiatan Rutan Klas I Labuhan Deli Kota Medan. Jadi, teman – teman pers dapat mengambil informasi dari aplikasi tersebut sebagai rilis.

“Jadi, setiap minggu ada berita update di aplikasi NapiGo ini,” pungkasnya.

Kemudian, Nimrot Sihotang juga menjelaskan menciptakan aplikasi NapiGo yaitu salah satu membangun zona intergirtas di Rutan Klas I Labuhan Deli Kota Medan.

Tak lain bertujan menjadikan lembaga yang bebas dari korupsi. Lalu, harapannya semoga masyarkat dapat menggunakan aplikasi NapiGo, sesuai dengan fitur – fitur yang di dalam.

Namun aplikasi ini adalah sebuah tekhnologi yang suatu saat kemungkinan mengalami servernya down atau mengalami gangguan jaringan. Maka, masyarkata juga dapat berkomunikasi dengan gawai.

(mc/an)

 

Share :

Baca Juga

Mobil Innova Terguling di Tol Balmera Amplas Setelah Seruduk Kendaraan Didepannya

News

Mobil Innova Terguling di Tol Balmera Amplas Setelah Seruduk Kendaraan Didepannya
Kakek Tua Bangka Cabuli Anak Perempuan Usia 14 Tahun

Hukum

Kakek Tua Bangka Cabuli Anak Perempuan Usia 14 Tahun
Desa Bawomataluo Nias Selatan

News

Menko PMK: Desa Bawomataluo Nias Selatan Akan Masuk Warisan Dunia
Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa (foto: tempo)

Internasional

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa
Pemadaman listrik di kota medan (foto: ilustrasi)

News

Medan Gelap Gulita, PLN: Gangguan Instalasi Penyuplai Gas Arun Ke Pembangkit Listrik
HomeRegionalSumatera Akhyar Nasution Jabat Wali Kota Medan Definitif Hanya 6 Hari Reza EfendiReza Efendi 11 Feb 2021, 17:59 WIB 74 Akhyar Nasution Perbesar Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, melantik Akhyar Nasution sebagai Wali Kota Medan definitif (Istimewa)

News

Sekda Bakal Jadi Plh Wali Kota Medan Gantikan Akhyar Nasution
Kadiv Humas Polri Pastikan Jakarta Lockdown 12-15 Februari Hoax 

News

Kadiv Humas Polri Pastikan Jakarta Lockdown 12-15 Februari Hoax 
Kebun Ganja 5 Hektar Aceh Utara Dimusnakan Aparat Penegak Hukum, (Antara Foto)

Hukum

Kebun Ganja 5 Hektar Aceh Utara Dimusnahkan Aparat Penegak Hukum