GUNUNGTUA – Untuk memupuk rasa kekeluargaan dan kerukunan antar petugas rutan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Kepala Cabang Rutan Gunungtua mengadakan pertemuan dengan warga binaan dengan tema Pahit Awalnya Manis Selamanya.

“Kegiatan ini dilakukan untuk terus meningkatkan rasa persaudaraan dan saling melengkapi. Kegiatan ini juga satu dasar untuk meminimalisir perbedaan yang mungkin ada karena tidak saling kenal,”kata Kepala Cabang Rutan Gunungtua, Sangapta Surbakti, Jumat (9/3/2018).

Dikatakannya, dalam kegiatan ini dirinya menerima semua masukan dari WBP yang membangun dan yang paling penting agar tidak ada perseteruan sesama WBP.

“Mereka menyampaikan keluhan tentang perbaikan sarana dan pelayanan. Dan itu sangat membangun dan akan kita penuhi permintaan dan masukan dari mereka,”ujarnya.

Di sini, sambungnya, ada sekitar 130 orang WBP yang harus dibina. Tentunya, katanya, ini tidak mudah karena ada 130 pemikiran yang harus disatukan dengan konsep ataupun sistem yang sudah diterapkan.

“Kita juga mengingatkan kepada WBP untuk terus mentaati peraturan dan tata tertib yang berlaku di Rutan Gunungtua ini. Dan puji tuhan alhamdulillah mereka sepakat dan akan menuruti peraturan,”katanya.

Ia mengakui, agar tidak terjadi kesenjangan sosial antar sesama WBP dirinya membuat kegiatan yang menjadikan setiap personel WBP bisa memaksimalkan tenaganya sesuai keinginan dan kemampuan mereka.

“Kita menyediakan mereka tempat untuk menghabiskan waktu. Ada yang kita suruh menyapu, membersihkan ruangan, dan membersihkan kamar mandi dan lain sebagainya. Itu bertujuan agar mereka tidak terasa menghabiskan waktu di sini,”katanya.

Selain itu juga, masih dikatakan Surbakti, pihaknya sering mengadakan pertemuan dan duduk bareng dengan WBP sekalian mendengarkan curhatan mereka.

“Di sini saya menanamkan konsep kebersamaan yang nantinya akan menjadi konsep kekeluargaan yang akan terus dibina agar para WBP merasa nyaman selama menjalani hukuman,”ujarnya.

“Setiap manusia pernah melakukan suatu perbuatan yang salah, apabila kita mengubah dan melakukan hal yang baik, hidup akan semakin baik dan berarti untuk semua orang,”kata Surbakti.

(fan/mc)