Ribuan Masyarakat Meriahkan Pawai Obor Asian Games di Danau Toba

Berita Medan- Pemerintah Kabupaten Simalungun menyiapkan persembahan kesenian, termasuk tari tor-tor dalam rangka menyambut lentera obor Asian Games 2018 yang telah tiba di Danau Toba.

“Ada tari tor-tor haroan bolon, itu menyambut kegembiraan para tokoh karena obor Asian Games hadir di Simalungun,” kata Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga, di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Rabu (1/8).

Amran menjelaskan bahwa dalam penyambutan obor Asian Games 2018, diperkirakan sebanyak 7.000 massa akan turut serta memeriahkan Torch Relay yang singgah di Kabupaten Simalungun. Kemudian Torch Relay akan dilanjutkan dengan iringan tarian budaya Simalungun dan selanjutnya diserahkan ke Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Baca Juga :  Direktur Network Telkomsel Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Jaringan Jakabaring Sports Complex Palembang

“Kita menyambut gembira ini semua, diperkirakan ada sekitar 7.000 massa yang ikut senam memeriahkan Asian Games. Kita cukup gembira di Kabupaten Simalungun dan kita harapkan Kota Parapat, Danau Toba, ini bisa dikenal untuk masa yang akan datang serta tidak terulang lagi hal-hal seperti bencana kemarin,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kesuksesan Asian Games 2018 Jadi Sorotan Dunia, Indonesia Bidik Tuan Rumah Olimpiade

Obor Asian Games 2018 sebelumnya diinapkan di Pesanggrahan Bung Karno, Parapat, pada Selasa (31/7) malam. Kemudian nantinya obor Asian Games akan menaiki kapal dan menyeberang ke Sibaganding. Lalu akan dibawa ke salah satu pantai bebas yang ada di Danau Toba.

“Semua masyarakat Simalungun juga kita hadirkan disini termasuk para kepala desa untuk menyaksikan api obor Asian Games,” pungkas Amran.

Baca Juga :  Awas ! Atlet Mancanegara Bawa Penyakit Menular ke Asian Games

Untuk diketahui, sebelum diarak di beberapa kawasan Danau Toba, lentera obor Asian Games diinapkan di rumah pengasingan Bung Karno di Parapat. Selanjutnya obor dibawa menuju Pantai Bul-Bul Balige, Toba Samosir, Rabu (1/8) pukul 07.00 WIB. Api obor dibawa oleh perahu hias menuju Pantai Bul-Bul, didampingi oleh jajaran kepala daerah serta Inasgoc.

Baca Juga :  Dukung Asian Games 2018, Telkomsel Siapkan LTE TDD Massive MIMO

Setibanya di Pantai Bul-Bul, obor kemudian diarak oleh 10 atlet sejauh 2 kilometer dan terakhir disulut ke dalam mini Kaldron yang telah disiapkan. Selanjutnya api obor kembali dibawa menuju Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara untuk kemudian dibawa menuju Pekanbaru melalui Bandara Silangit sekitar pukul 13.40 WIB.(analisa)

Artikel Terkait

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh

makobar.com - Sebagian orang lebih memilih mengonsumsi obat herbal untuk menyembuhkan penyakitnya. Daun jambu biji, salah satu obat herbal yang ampuh menurunkan...

Kamis 9 Juli 2020, Harga Emas Antam Naik di Rp940.000 Per Gram

makobar.com - Pada perdagangan hari Kamis (9/7/202) pagi harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)...

PBI dan JBMI Rancang Dakwah di Bona Pasogit

Medan, makobar.com-Persatuan Batak Islam (PBI) dan Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) merancang kerja sama dakwah di Bona Pasogit (Kampung Halaman).

Nekat Bawa Sabu 15 Kg, Dua Kurir Dituntut Penjara Seumur Hidup

makobar.com - Nekat Bawa sabu seberat 15 Kg, Tiga orang kurir asal Aceh dituntut pidana penjara seumur hidup di Pengadilan Negeri Medan,...

Ikuti Artikel Terbaru Kami Melalui Email