Berita Tebingtinggi – Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan sambut Tim Verifikasi Lomba Posyantek berprestasi tingkat nasional.

Pos Yantek Karya Bestari Kawasan Damar Sari Kec. Padang Hilir menjadi lokasi kunjungan Tim Kementrian Ny. Ismiyati dan Widianto Ramadhan dari Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi RI, petang itu.

H.Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, masuknya Posyantek KARYA BESTARI dalam peringkat 10 besar sebagai nominator tingkat nasional merupakan sebuah penghormatan penghargaan bagi jajaran Pemerintahan dan masyarakat disana.

Program Tehnologi Tepat Guna (TTG) merupakan hal penting yang wajib dilakukan. Hal itu terkait dengan Bisi dan Misi Tebingtingggi sebagai kota jasa dan perdagangan yang Cerdas, Layak, Mandiri dan Sejahtera dengan Sumber Daya Alam (SDM) beriman dan berkualitas.

“Kegiatan Lomba Pos Yantek sudah bergulir sejak tahun 2014, ini merupakan implementasi dan komitmen Tebingtinggi,” ungkap Kabag Humas PP, Abdul Halim Purba.

Pelatihan bagi pengurus Pos Yantek juga dilakukan. Kucuran bantuan logistik peralatan komputer menjadi faktor pendukung bagi mereka.Langkah kerjasama dengan beberapa Universitas, seperti Universitas Sumatera Utara (USU) dan Institute Tehnologi Medan (ITM), telah dijalin .

Peraturan Walikota (Perwal) telah diterbitkan, sebagai langkah pendukung Peraturan Pemerintah (PP) No:23 Tahun 2018 tentang pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan TTG yang dikeluarkan Kementrian Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Kiranya, Tim Verifikasi memberikan penilaian positip, melalui binbingan dan perbaikan guna mendulang kemajuan bagi Pos Yantek Karya Bestari dan Pemerintah Kota.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PMK), Tebingtinggi, Sri Wahyuni menyampaikan, status pos Yantek KARYA BESTARI sebagai pilot project diharapkan mampu menjadi barometer bagi Pos Yantek yang tersebar di 5 Kecamatan.