Kapolres Simalungun
Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan (Foto Antaranews Sumut/ist)

Berita Simalungun – Kepolisian Resor Simalungun meraih Zona Integritas (ZI) terbaik tahun 2018 di jajaran Polda Sumut.

Zona Integrasi atas penilaian menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi yang Bersih dan Melayani (WBBM).

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan, Senin (6/8/2018), di Pamatang Raya mengatakan, penilaian dilaksanakan oleh tim Mabes Polri ke 12 polres jajaran Polda Sumut untuk menuju ZI.

“Enam polres lulus penilaian, dan Polres Simalungun mendapatkan ranking pertama,” ungkap AKBP Marudut Liberty.

Selanjutnya,Untuk upaya meningkatkan reformasi birokrasi di tubuh Polri, khususnya Polres Simalungun, pihaknya melakukan persiapan kira-kira satu tahun enam bulan.

Dalam kurun waktu itu, Polres Simalungun dikunjungi Tim Asrena dan RBP Mabes Polri, lembaga Ombusdman, dan Hinca Panjaitan anggota Komisi III DPR RI yang menunjukkan telah memenuhi kriteria untuk Indeks Tata Kelola (ITK) dan pelayanan publiknya berpredikat baik.

Baca Juga : Selesaikan Kasus Arnita, IPB dan Pemkab Simalungun Ucapkan Terimakasih ke Ombudsman

Beberapa terobosan dan inovasi yang dilakukan pada kantor Satpas Sat Lantas, di antaranya pelayanan publik seperti Audio Visual Integrated Solutions (AVIS), First In First Out (FIFO), Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), perpustakaan mini, Gojek BPKB dan ruang ibu menyusui.

Untuk predikat WBK, Polres Simalungun meningkatkan kualitas dan kuantitas satker, di antaranya membangun komitmen agar memiliki semua personel memiliki semangat yang sama melalui berbagai kegiatan pelatihan-pelatihan.

Selain itu, membangun suasana pelayanan yang aman dan nyaman bagi masyarakat, melaksanakan berbagai kegiatan simpatik seperti penyediaan peralatan dan akomodasi untuk penyandang disabilitas.

Dari penilaian pada setiap item, di antaranya pada manajemen perubahan 4,08, tata laksana 3,34, sistem manajemen SDM 12,29, akuntabilitas kinerja 9,67, pengawasan 10,31, dan kualitas pelayanan publik 8,61. (mc/min/antara)