Berita Sergai, makobar – Polres Serdangbedagai (Sergai) mendapati empat warga di wilayah hukumnya positif sebagai pecandu narkotika dan 12 orang terindikasi HIV.

Hal tersebut diketahui setelah Polres Sergai bersama unsur pemerintah Kabupaten Sergai menggelar tes urine dan pemeriksaan kesehatan gratis di Lingkungan I, Kampung Tempel Perbaungan, Kecamatan Perbaungan, Kabupataen Sergai, Selasa (10/9/2019).

Bakti sosial dengan pemeriksaan kesehatan gratis yang diikuti 100 orang tersebut dilaksanakan dalam rangka Deklarasi Lingkungan Bersih Narkoba.

“Dari 100 orang yang mengikuti pemeriksaan kesehatan dan tes urine gratis, empat di antaranya positif narkoba dan 12 lainnya terindikasi HIV,” ujar Kapolres Sergai, AKBP Juliraman Eka Putra Pasaribu S.Sos SIK MSi melalui Kasatres Narkoba Polres Sergai, AKP Martualesi Sitepu SH MH.

Lanjut dijelaskan mantan Kanit Reskrim Polsek Medan Kota ini, keempat warga yang positif narkotika setelah menjalani tes urine tersebut ialah M Ali Koto (37) Dedi Arianto (31), Hendrik (32) dan Riko, (18).

Dua nama terakhir merupakan warga Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai.
Sisanya merupakan warga Lingkungan Tempel, Kelurahan Simpang lll Pekan Perbaungan.

“Sedangkan yang reaktiv/terindikasi HIV masing-masing berinisial AP (37), KS (60), N (49), BS (50), AL (37), DA (37), D (21), S (31), E (56), J (34), G (39), H (34),” jelas Martualesi seraya menambahkan dua di antaranya merupakan wanita.

Selain itu, mantan Kapolsek Kutalimbaru ini menerangkan, pada kesempatan tersebut, ia beserta perwakilan Pemerintah Kabupaten Sergai juga mengunjungi sekaligus memberi pelayanan kesehatan kepada tiga orang warga Lingkungan Tempel yang mengalami kelumpuhan.

“Ketiganya ialah Ramina Jambak (93), Martini (90) dan Rodiah boru Sembiring (72),”terang AKP Martualesi.

Sementara itu, kata Martualesi, untuk yang terindikasi HIV, akan ditindaklanjuti pemeriksaannya oleh Puskesmas.

“Terhadap yang reaktif HIV sebanyak 12 Orang akan ditindaklanjuti pemeriksaan oleh Puskesmas dengan pemeriksaan VCT dan darah,”pungkas orang nomor satu di Satres Narkoba Polres Sergai ini.

Bakti sosial Polres Sergai dan Pemerintah Kabupaten Sergai dalam rangka Deklarasi Lingkungan Bersih Narkoba di Kampung Tempel diapresiasi tiga orang perwakilan warga yang terdiri dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda.

“Pada kesempatan ini, mewakil warga, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Polres Sergai dan Pemkab Sergai atas pemeriksaan layanan kesehatan berupa pemeriksaan urine, HIV, asam urat dalam rangka menuju Deklarasi Lingkungan Tempel sebagai Lingkungan Bersih Narkoba,”kata perwakilan warga. (mc/Jam)