Sergai, makobar.com-Polres Serdangbedagai (Sergai), bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) membangun sinergitas dalam Pencegahan, Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Hal itu dilakukan guna menyamakan persepsi antara BNNK Sergai dan Kepolisian dalam pemberantasan narkotika di wilayah hukumnya.

“Pertemuan di Mapolres Sergai ini dilaksanakana untuk menyatukan persepsi dalam membangun sinergitas untuk P4GN di kabupaten Sergai. Sehingga tercipta dan terpeliharanya harkamtibmas yang kondusif serta setiap desa yang telah tercap sebagai kampung narkoba dapat dibersihkan dan dideklarasikan menjadi desa Bersih Narkoba (Bersinar),” ujar Kapolres Sergai, AKBP Robinson Simatupang SH MHum didampingi Kasatresnarkoba Polres Sergai, AKP Martualesi Sitepu SH MH menjawab makobar.com, Kamis, (5/3/2020).

Untuk itu, lanjut dijelaskan mantan Kapolres Batubara ini, agar BNNK Sergai lebih bersinergi lagi dengan Polres Sergai dalam P4GN di Kabupaten Sergai

Baca Juga :  Akhirnya, Polres Sergai Ringkus Pelaku Pencabulan Anak SMP

“Saat ini Polres Sergai gencar memberantas narkoba di tempat-tempat rawan peredaran narkoba. Yang sedang berjalan saat ini di desa Nagur, kecamatan Tanjung Beringin. Karena itu, agar BNNK Sergai berperan aktif apakah dalam sosialisasi, penyuluhan dan pemasangan spanduk. Kita harus bersinergi untuk menuntaskan peredaran narkoba di Desa Nagur dan di desa-desa lain yang rawan menjadi tempat peredaran narkoba,” jelasnya.

Maka dari itu, diungkapkan Kapolres, kita cari lagi desa yang lain di tiap-tiap kecamatan yang paling rawan menjadi tempat peredaran narkoba menjadi skala prioritas kita

“Kita ciptakan para kepala desa, tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat harus berani menangkap bandar-bandar narkoba di wilayahnya. Kita harus berikan tindakan tegas dan terukur kepada para pengedar. Kegiatan harus berkelanjutan, setelah penggrebekan oleh Polres, BNNK masuk besoknya berikan sosialisasi,” ungkap orang nomor satu di Mapolres Sergai ini.

Baca Juga :  Pelaku Cabul Hingga 5 Kali Diamankan Personel Polres Sergai

Saat ini, kata AKBP Robinson, Polres Sergai berusaha memberdayakan Siskamling desa sehingga masayarakat memikirkan bagaimana menjaga desanya.

“Kita mulai dari desa yang paling rawan seperti desa Nagur. Dalam Siskamling desa, Kapolsek, Danramil serta camat harus menjadi pelindung dengan melibatkan tokoh-tokoh masayarakat supaya masyarakat melihat dan mendengarkan panutan di desanya juga berperan dalam pemberantasan narkoba,” pungkas Kapolres seraya menambahakan dalam kegiatan ini kita tidak boleh berpikir apakah ada anggarannya atau tidak tetapi ini terkait untuk emeliharaan Harkamtibmas yang kondusif.

Sementara itu, Kepala BNNK Sergai, Drs Adlin Tambunan didampingi Kasi Pemberantasan, Kompol Agustinus Pangaribuan dan Kasi P2M Lira Sihombing mengungkapkan ada tiga hal yang menjadi tugas dari BNN yakni pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan.

Baca Juga :  Ganas ! Posko RAMPAH Dibakar OTK Pakai Sebo, 3 Orang Luka-Luka

“Intinya kita sangat mendukung kegiatan Polres Sergai dan akan bersinergi dengan Polres Sergai. Saat ini BNNK Sergai telah menetapkan dua desa menjadi sasaran desa Bersinar yaitu desa Nagur dan Sialang Buah. Tentu dengan hal ini kami telah terbantu. Desa Nagur juga telah dijadikan sasaran desa Bersinar Polres Sergai. Nantinya, kami akan lebih banyak lagi berkoordinasi dengan Kasatresnarkoba,” katanya. (mc/Jam)