Berita Medan, makobar – Polda Sumut dan PT Inalum melakukan penandatanganan kesepahaman bersama (MoU) perpanjangan di Aula Tribrata Polda Sumut, Jumat (6/9/2019).

“Sebagai pimpinan, saya ucapkan terima kasih atas terselenggaranya kesepakatan bersama ini, semoga dengan penandatanganan MoU ini, dapat membawa keuntungan bagi kedua belah pihak guna mensukseskan pembangunan daerah sumut,”kata Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Jumat (6/9/2019).

PT Inalum merupakan BUMN yang bergerak di bidang industri aluminium terpadu dan merupakan satu objek vital nasional (obvitnas) berdasarkan keputusan menteri perindustrian nomor: 541/m-ind/kep/12/2015 tentang objek vital nasional sektor industri yang menyangkut hajat hidup orang banyak dan satu sumber pendapatan negara, perlu mendapatkan prioritas pengamanan untuk menjamin operasional PT Inalum (persero) agar berjalan dengan baik.

“Peran dan tanggung jawab bumn sebagai penggerak katalisator perekonomian serta dalam hal tanggung jawab lingkungan dan sosial, terasa semakin kompleks. Tuntutan perolehan deviden yang maksimal, yang harus diiringi dengan proses bisnis dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik, sering kali menghadapi berbagai masalah,”ujar Agus.

Salah satunya, sambungnya, permasalahan di bidang hukum dan keamanan.

Adapun garis besar MoU, dalam kesepakatan bersama yang ditandatangani meliputi, sosialisasi kebijakan, pengamanan aset perusahaan, peningkatan koordinasi, tukar menukar informasi, penyusunan penetapan konfigurasi standar pengamanan dan kualitas kemampuan pelaksanaan pengamanan serta penindakan terhadap segala bentuk tindak pidana (penegakan hukum) yang terjadi di lingkungan PT Inalum.

Kemudian pembinaan sumber daya manusia di bidang satuan pengamanan, kesepakatan pelaksanaan audit sistem pengamanan sektor industri sampai dengan kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilakukan.

“Perlu saya sampaikan bahwa hubungan kerjasama antara institusi Polda Sumut dengan PT Inalum (persero) sudah terjalin dimulai sejak penandatanganan MoU tanggal 20 maret 2017 dan diteruskan dengan sosialisasi dan koordinasi pengamanan objek vital nasional di lingkungan PT Inalum (persero) pada tanggal 11 Januari 2018. Kemudian hari ini kita akan melakukan penandatanganan perpanjangan nota kesepahaman (MoU) dan pedoman kerja guna memperkuat kerjasama di bidang keamanan,”terangnya.

Agus menegaskan ada atau tidak adanya MoU, diminta atau tidak, Polri akan tetap melaksanakan tugas utama untuk melindungi, mengamankan dan mengayomi seluruh lapisan masyarakat sebaik mungkin.

“Hal ini sudah menjadi tupoksi Polri yang tidak bisa ditawar lagi. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban bagi Polda Sumut untuk memberikan perlindungan dan pengamanan khususnya terhadap PT Inalum (persero) baik potensi kerawanan, aktivitas maupun produktifitas dan pendistribusian dapat berjalan aman,”paparnya. (mc/fan)