Berita Gunungsitoli – Tidak hanya mewujudkan Nias Terang 2019, PLN juga turut membina dan membangun masyarakat melalui program Bina Lingkungan yang diberikan kepada Museum Pusaka Nias di Gunungsitoli.

Demikian dikatakan GM PLN Wilayah Sumut Feby Joko Priharto dalam cara penandatangan MoU yang disertai Seminar Kelistrikan ini juga turut dihadiri oleh Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian ESDM, Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Kapolres Nias, Dandim dan Departemen Teknik Elektro Universitas Sumatera Utara (DTE USU), sebagai pemateri dan narasumber demi terwujudnya program Nias Terang 2019 ini.

Bina Lingkungan yang dibangun adalah mempersiapkan Museum Nias menjadi salah satu destinasi wisata di Pulau Nias yang ikonik.

Museum yang terletak di tepi pantai ini, merupakan satu-satunya Museum yang memiliki 6.000 artefak dan fauna endemik Nias. Selain itu, Museum ini juga memiliki penginapan berkapasitas total 30 orang dengan bentuk rumah-rumah adat Nias namun sudah dimodifikasi dengan fasilitas dan kenyamanan yang tidak kalah dengan standar hotel berbintang.

Demi mendukung perkembangan Museum Nias, PLN melalui Bina Lingkungannya memberikan bantuan senilai Rp 141.500.000,- (seratus empat puluh satu juta lima ratus ribu rupiah) berupa perlengkapan elektronik yang dapat meningkatkan standar kualitas Museum agar lebih mumpuni dalam operasional sehari-hari, seperti CCTV beserta layar monitor 40 inch, komputer dan laptop, handy talkie, juga diberikan alat-alat kebersihan dan dustbin 240 L.

Untuk selanjutnya, PLN akan memberikan pelatihan manajemen keuangan serta pemasaran untuk mempromosikan Museum Pusaka Nias sebagai salah satu destinasi wisata di Pulau Nias. Tidak berhenti di situ, PLN juga akan mendukung Museum Pusaka Nias untuk mengembangkan seni tradisional budaya Nias. Dengan ini diharapkan turis dapat mengenal Nias lebih dalam dengan mengunjungi Museum ini.

PLN mengharapkan agar masyarakat di Nias juga turut andil dalam mewujudkan Nias Terang 2019 ini. Contact Center PLN 123 menjadi garda depan bagi PLN untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung melalui sistem online selama 7×24 jam, yang dapat diakses melalui Telepon: 123, HP: (kode area) 123, E-mail: pln123@pln.co.id, Facebook: PLN 123, Twitter: @PLN_123, dan Website: www.pln.co.id. Atau bagi pengguna smartphone, dapat juga mengunduh aplikasi PLN Mobile di Play Store maupun App Store untuk Layanan Informasi, Tagihan Listrik, Pengaduan Gangguan, Pemasangan Baru, Perubahan Daya dan sebagainya.