Home / News

Selasa, 16 Maret 2021 - 18:08 WIB

Persediaan Menipis, Vaksinasi Dosis Pertama di Deliserdang Dihentikan

Persediaan Menipis, Vaksinasi Dosis Pertama di Deliserdang Dihentikan (foto: tribunmedan/indra)

Persediaan Menipis, Vaksinasi Dosis Pertama di Deliserdang Dihentikan (foto: tribunmedan/indra)

makobar.com – Kepala Dinas Kesehatan Deliserdang, dr Ade Budi Krista menjelaskan kalau saat ini dosis vaksin Covid-19 yang mereka punya semakin menipis. Hal tersebut yang dijadikan alasan mengapa dikeluarkan kebijakan kalau penyuntikan dosis pertama kepada masyarakat dihentikan sementara waktu. Namun untuk proses penyuntikan dosis tahap ke II tetap dilakukan di setiap Puskesmas.

“Sudah kita analisa dari laporan setiap hari makanya kita putuskan untuk dosis pertama sementara ini distop dulu. Sengaja kita lakukan seperti itu untuk mengamankan dosis kedua. Jangan sampai ada yang sudah disuntik dosis pertama enggak bisa mendapatkan dosis keduanya karena habis,” ujar dr Ade, pada Selasa (16/3/2021).seperti dilansir tribunmedan.

Ade menambahkan kalau Kabupaten Deliserdang pada saat tahap II mendapatkan jumlah vaksin 2200 botol yang satu botolnya untuk 10 orang. Artinya ada 22 ribu dosis dan hanya cukup untuk 11 ribu orang sebab satu orang mendapatkan suntikan dua kali. Disebut hingga 15 Maret tercatat cakupan dosis pertama sudah mencapai 13.366 orang.

Baca Juga  10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Bumi

“Antusias yang disuntik cukup tinggi memang di Deliserdang. Intinya dihentikan sementara untuk yang dosis pertama sambil menunggu pengiriman logistik vaksin selanjutnya supaya menjaga ketersediaan dosis kedua kepada orang yang sudah menerima dosis pertama. Yang sudah menerima dosis pertama itukan sudah terjadwal jadi nggak mungkin mereka nanti datang vaksinnya nggak ada, kek mana kami cari?, makanya itu kita jaga ketersediannya,” kata dr Ade.

Terkait kondisi ini, lanjut dr Ade mereka juga sudah berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi. Disebutkan kalau pihak Provinsi juga sudah melaporkannya ke Pusat agar bisa secepatnya kembali didistribusikan ke daerah khususnya ke Deliserdang. Ade juga menegaskan kalau pelayanan di Puskesmas juga masih tetap berjalan.

Baca Juga  Breaking News Mabes Polri DIserang: Kompolnas Minta Polri Terus Waspada Terhadap Aksi Teror

“Kalau untuk mendaftar kita welcome silahkan saja datang walaupun belum bisa disuntik dosis pertama. Kita pun belum tau kapan pastinya datang karena masih disebut proses kalau kita tanya,” kata dr Ade.

Ade pun paham kalau pendistribusian dosis vaksin ini tidak semudah pendistribusian jenis-jenis barang lain. Saat dikirim harus tetap dijaga suhunya karena kalau tidak bisa rusak. Sama seperti harapan masyarakat lainnya ia pun berharap agar kebutuhan vaksin bisa cepat diterima.

(mc/yud)

Share :

Baca Juga

Serap Keluhan Warga Kampung Nelayan Soal Banjir Rob, Bobby Langsung Bangun Benteng

News

Serap Keluhan Warga Kampung Nelayan Soal Banjir Rob, Bobby Langsung Bangun Benteng

LIngkungan

Komantab Serukan Upaya Perlindungan Maksimal Habitat Hewan Dilindungi
Ilustrasi mata uang rupiah

Ekonomi

Abaikan Stimulus, IHSG dan Rupiah Ditutup Anjlok
Sosialisasi Tips Amankan Instalasi Listrik di Kampung Sejahtera

News

Sosialisasi Tips Amankan Instalasi Listrik di Kampung Sejahtera

News

Puluhan Pasangan Bukan Suami Istri Ditangkap Petugas Gabungan di Hotel Melati

News

Polres Tanjungbalai Tingkatkan Prokes Jamaah Masjid Melalui Safari Ramadan
Donor Plasma Polri, Pengamat: Itu Bisa Jadi Teladan Lembaga Lain

News

Donor Plasma Polri, Pengamat: Itu Bisa Jadi Teladan Lembaga Lain

News

Sah, DPRD Medan Usulkan Bobby – Aulia Dilantik