Home / News

Kamis, 14 Januari 2021 - 20:00 WIB

Perjalanan Karir Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda Setelah Lulus Akpol

makobar.com – Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda Akademi Polisi (Akpol) Tahun 1994 ini sekarang menjadi Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sumut.

Hal itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 2020 tentang pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Pria dengan melati tiga dipundaknya ini merupakan lulusan Akpol di Sukabumi. Tahun 1995 pria asal Sulawesi Utara ini ditempatkan di SPN Polda Sumut karena mendapat perintah khusus. “Saya ditempatkan di SPN Polda Sumut karena ada program dari Pak Nana Permana yang saat itu jadi komandan kompi dan itu perintah khusus,” katanya, Kamis (14/1/2021).

Pernah jadi Kanit Intel di Tiga Polsek

Dari SPN Polda Sumut, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda ditempat di Kanit Intel Polsek Medan Baru, Polsek Medan Timur dan Polsek Medan Teladan yang sekarang jadi Polsek Medan Kota. “Jadi begitu dari SPN Polda Sumut, saya jadi Kanit Intel di tiga Polsek gawean Poltabes Medan yang sekarang Polrestabes Medan,” ungkapnya.

Baca Juga  Kapolda Sumut Dampingi 3 Menteri Kunker ke Humbahas

Ia mengaku dirinya setahun menjadi Kapolsek 50 yang sekarang jadi Polres Batubara. “Saya hampir dua tahun jadi Kapolsek di situ,” ujarnya.

Setelah itu, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda dapat tugas menjadi pasukan perdamaian ke Bosnia dan dapat surat Telegram jadi Komandan Taruna di Akpol.

“Jelang berangkat saya ada panggilan dan harus keluar dari Polda tahun 1998. Sekitar 4 tahun di Sumut. Jadi kalau logat Medan bisa-bisa dikit la,” katanya seraya tertawa.

Tatareda juga menyatakan dirinya setahun di Bosnia. “Nah kalau di Asia, kita itu dua kali misi di Bosnia. Satu misi selama 6 bulan. Jadi makanya bisa setahun lebih tugas di Bosnia. Saat saya di sana ada eleksion pilkada,” terangnya.

Baca Juga  Bupati Tapanuli Tengah Resmikan Bangunan Sistem Saluran Air Bersih di Sorkam Kanan

Keluar dari Sumut Valentino Langsung di Satuan Lalulintas

Masih dikatakan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda mengaku begitu keluar dari Kota Medan ia langsung bertugas di satuan lalulintas (Satlantas) di Sragen, Jawa Tegah. “Saat di sana (Sragen) dan setelah itu saya Kasatlantas di Polrestabes Surabaya, Jawa Tengah. Kemudian Kapolres di Jatim,” katanya.

Kemudian, kata Tatareda, dirinya menjadi Wadirlantas Polda Metro Jaya. “Saya naik pangkat Kombes Pol saat berada di Bangka Belitung dan saat itu jadi Dirlantas di sana,” ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda kembali ke Jakarta di PTIK menjadi dosen. “Lalu saya sekolah sespimti setelah itu kembali ke Analisis kebijakan (Anjak) dan setelah itu saya dipercaya kembali ke Sumut,” pungkasnya. (mc/fan)

Share :

Baca Juga

News

Pengisian Jabatan Kosong Kemenag Sumut, Ombudsman Apresiasi Menteri Agama
Mahasiswa STIS Dayah Amal Bersama Erpa dan Kopi Hitam Aceh Timur Galang Dana Untuk 3 Balita yang Mengalami Sakit

News

Mahasiswa STIS Dayah Amal Bersama Erpa dan Kopi Hitam Aceh Timur Galang Dana Untuk 3 Balita yang Mengalami Sakit
4 Cara Mendidik Anak yang Keras Kepala Tanpa Amarah ( foto: pinterest)

Artikel

4 Cara Mendidik Anak yang Keras Kepala Tanpa Amarah

News

Label Palestina Terhapus dari Google Maps. Ada Apa Ya?
Petugas BKSDA Sumut Dilempari Prema, Ketika Hendak Melakukan Penyitaan Anak Orang Utan

News

Petugas BKSDA Sumut Dilempari Preman, Ketika Hendak Melakukan Penyitaan Anak Orang Utan
Protokol Kesehatan

Entertainment

Protokol Kesehatan Yang Harus Dipatuhi Hotel Saat New Normal

News

Kapolres Tanjungbalai : Tingkatkan pelayanan prima kepada masyarakat
wisma atlet

News

Wisma Atlet Ditetapkan jadi Bank Plasma Konvalesen