Berita Medan, makobar – Sebanyak 3.346 ekor sapi asal Australia tiba di Dermaga Pelabuhan Belawan, Kamis (13/6/2019).

Tiga ribuan sapi impor tersebut dibawa dengan kapal Gundali Ekprees yang tiba dari Pelabuhan Darwin Australia dan sandar di Dermaga 103 Ujung Baru Pelabuhan Belawan.

Setelah sandar di dermaga pelabuhan, petugas Bea dan Cukai Sumatera Utara (Sumut) dan Karantina Hewan memeriksa kelengkapan surat kepabeanan serta mengecek kesehatan hewan yang diangkut menggunakan jasa angkutan laut tersebut.

Selanjutnya, tiga ribuan sapi itu langsung diturunkan dari kapal untuk dimuat ke truk yang sudah dimodifikasi sebagai pengangkut sapi, dengan sistem truck lossing dari atas kapal
oleh keagenan PT Serasi Shipping Indonesia.

Menager Umum Pelindo 1 Cabang Belawan, Khairul Ulya, mengatakan, dengan masuknya kapal pengangkut sapi impor tersebut, Pelindo-1 Cabang Belawan selaku pengelola pelabuhan, siap melayani kapal pengangkut sapi tersebut.

“Selain siap melayani untuk menyediakan dermaga tempat besandarnya kapal-kapal pengangkut sapi tersebut, kedatangan hewan sapi impor ini juga untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat di wilayah Sumatera Utara,” ujar Khairul Ulya menjawab wartawan lewat seberang telepon selulernya.

Seluruh Sapi Akan Distribusikan ke Sumatera Utara dan Aceh

Dia menerangkan, seluruh sapi yang berada di Karantina itu akan distribusikan ke Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh.

“Tiga ribuan sapai impor asal Australia ini, nantinya akan di distribusikan ke Sumut dan Aceh. Kemudian, dibawa ke Kota Kisaran, Tanjung Morawa dan Langkat,” terangnya.

Oleh karenanya, Khairul Ulya menambahkan, kedatangan sapi impor tersebut diyakini dapat menjaga stok dan harga daging sapi.

“Diyakini dapat menjaga stok dan harga daging sapi di Indonesia khusunya Sumatera Utara pasca lebaran Idul Fitri dan menjalan Idul Adha,” tandasnya. (mc/ameq)