Dinas Kesehatan Simalungun
Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun, Gidion Purba menyerahkan vaksin campak rubella kepada tenaga medis pada apel pencanangan imunisasi kedua jenis penyakit itu. (Foto Antaranews Sumut/ist)

Berita Simalungun – Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara melalui Dinas Kesehatan melaksanakan apel pencanangan imunisasi campak rubella di SMP Negeri 1 Pematang Raya, Senin (6/8/2018).

Kepala Dinas Kesehatan, Jan Mauresdo Purba mengatakan, imunisasi secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Simalungun dengan sasaran 182.030 anak didik selama bulan Agustus.

Imunisasi anak usia sembilan bulan sampai kurang dari 15 tahun katanya, akan dilanjutkan di Pusat Layanan Kesehatan serta Pos Pelayanan Terpadu pada bulan September dengan sasaran 73.350 jiwa.

Selanjutnya Maruesdo menjelaskan, pencanangan imunisasi itu untuk memutus mata rantai penularan measles atau campak dan rubella melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus.

Baca Juga : Jamaah Haji Asal Aceh Akan Terima Dana Wakaf Sebesar 20 Miliar Rupiah

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, bahkan kematian.

Sementara rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, tetapi bila menular kepada ibu hamil pada awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Kadis Kesehatan juga menenangkan para orang tua yang anaknya pernah diimunisasi untuk tidak khawatir diimunisasi lagi, karena tetap aman.

Sekretaris Daerah, Gidion Purba berpesan kepada orang tua agar membawa dan memastikan anak-anaknya mendapat imunisasi campak rubella. (mc/min/antara)