TransBisnis.Com – Medan | PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 meraih empat penghargaan BUMN Branding and Marketing Award 2018 dengan kategori: Digital Branding Terbaik sektor Service, Transportation, Logistics and Energy; The Best Marketing sektor Service, Transportation, Logistics and Energy; BUMNPendukung Poros Maritim serta kategori The Best CEO Digital Visionary yang diserahkan langsung kepada Direktur Utama Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana di Hotel JS Luwansa Jakarta.

BUMN Branding and Marketing Award 2018 diselenggarakan oleh BUMN Track yang didukung oleh Arrbey Consulting dan Rumah Perubahan ini memasuki tahun ke-6 dengan mengambil tema “Merebut Peluang Era Industri 4.0 Melalui Penguatan Merek Indonesia”.

Penghargaan ini bertujuan untuk mengukur daya saing pelaku brand and marketing BUMN agar terjadi pertukaran ide, pemikiran, pengalaman, serta menjadi inspirasi bagi BUMN lain serta sebagai ajang untuk mengapresiasi BUMN dan anak perusahaan BUMN yang telah menunjukkan kinerja bisnis dan marketing terbaik dalam kaitannya merebut peluang industri 4.0.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja Pelindo 1 dalam menghadapi era industri 4.0. Dalam menjalankan proses bisnisnya, Pelindo 1 melakukan penerapan digitalisasi pelabuhan dari segmen layanan penumpang serta layanan kapal dan barang. Untuk segmen layanan penumpang, kami menerapkan sistem e-berthing dan e pass dengan sistem cashless tunai yang sudah dilakukan di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura, Tanjung Pinang yang kemudian akan diterapkan di seluruh terminal penumpang milik Pelindo 1. Sementara itu, untuk layanan kapal dan barang, kami menerapkan Integrated Billing System (IBS) yang bisa diakses oleh pengguna jasa secara online dengan menggunakan smartphone,” jelas Bambang Eka Cahyana, Direktur Utama Pelindo 1.

Ketua Dewan Juri sekaligus pendiri Rumah Perubahan, Rhenald Kasali menjelaskan BUMN tengah mengalami perubahan yang sangat besar yang didahului dengan transformasi karena adanya pendekatan disruption.

“Digital Marketing sebagai bagian dari transformasi digital telah membuat BUMN mampu bersaing di luar batas dan memiliki kualitas dengan global mindset,” terang Rhenald Kasali.

Bambang Eka Cahyana menambahkan bahwa digitalisasi Pelabuhan yang dilakukan Pelindo 1 terbukti berhasil meningkatkan kinerja perusahaan serta meningkatkan kecepatan layanan kepada pelaku usaha di bidang logistik dan kepelabuhanan serta masyarakat pengguna jasa transportasi laut.

“Apresiasi ini menjadi salah satu momentum bagi Pelindo 1 untuk terus meningkatkan kinerja korporasi yang dipersiapkan untuk menghadapi tantangan di era industri 4.0 agar mampu bersaing di tingkat nasional maupun global,” tutup Bambang Eka Cahyana.