Direktur SDM dan Umum Pelindo 1 M. Hamied Wijaya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau M. Taufik OH melepas ribuan pemudik yang berangkat dari Provinsi Riau pada Senin, 11 Juni 2018.

Berita Riau – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 melepas ribuan pemudik yang bertolak dari Provinsi Riau menggunakan moda transportasi darat dengan pelepasan simbolis yang digelar di Kantor Gubernur Riau di Pekanbaru.

Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 ini dilepas oleh Direktur SDM dan Umum Pelindo 1, M. Hamied Wijaya dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, M. Taufik Oesman Hamid.

“Hari ini ribuan peserta mudik gratis berangkat dari berbagai kota di Provinsi Riau, termasuk diantaranya Kota Pekanbaru menuju kampung halamannya masing-masing, semoga para pemudik sampai di tujuan dengan selamat hingga bisa bertemu keluarga dan merayakan Idul Fitri 1439 H,” jelas M. Hamied Wijaya, Direktur SDM dan Umum Pelindo 1 dalam sambutannya.

Pelindo 1 memberangkatkan 7 armada bus dari Kota Pekanbaru menuju Kota Medan dan Padang. Selain itu, Pelindo 1 juga menyediakan 5 bus yang diberangkatkan dari Kantor Camat Kandis menuju Kota Medan, 8 bus diberangkatkan dari Kantor Camat Tualang, Perawang menuju Kota Medan dan Batam. Dari tiga lokasi ini peserta mudik gratis yang diberangkatkan berjumlah 860 orang.

Sementara itu, 10 bus diberangkatkan dari Kantor Pelindo 1 Cabang Dumai menuju Kota Medan dengan jumlah peserta 430 orang, sehingga jumlah total peserta mudik gratis di Provinsi Riau ini adalah sejumlah 1290 orang.

M. Hamied Wijaya menjelaskan bahwa pada hari Senin, 11 Juni 2018 ini merupakan puncak keberangkatan moda transportasi yang digunakan pada Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 secara serentak di beberapa kota baik melalui jalur laut maupun darat.

“Pelindo 1 telah memberangkatkan sekitar 4.750 orang untuk merayakan Idul Fitri 1439 H di kampung halamannya dengan menyediakan 45 armada bus dan 12 kapal laut dengan 11 rute mudik. Pelindo 1 mendukung program BUMN untuk menyediakan program mudik yang aman dan nyaman serta memberikan manfaat bagi masyarakat,” tutur M. Hamied Wijaya.

Program Mudik Gratis ini melayani 11 rute mudik, untuk via laut meliputi: Pelabuhan Tanjung Pinang menuju Tanjung Balai Karimun, Selat Panjang, Bengkalis, Dumai, Tanjung Samak; Pelabuhan Kijang menuju Pulau Tujuh (Anambas, Tarempa, Midai, Natuna), dan Pelabuhan Batu Ampar Belawan menuju Pelabuhan Belawan Medan. Sedangkan rute mudik melalui jalur darat di antaranya: Pekanbaru – Medan, Pekanbaru – Padang, Kandis –Medan, Perawang – Padang, Perawang – Medan, Dumai – Medan, Medan – Aceh, Medan – Tapanuli Selatan, serta Medan – Tapanuli Tengah.

Pelepasan Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1 juga dilaksanakan di Pelabuhan Batu Ampar, Batam dengan memberangkatkan Kapal Kelud menuju Pelabuhan Belawan, Medan yang membawa 2.000 pemudik pada Sabtu, 9 Juni 2018 dan Senin, 11 Juni 2018.

Untuk memudahkan para pemudik yang akan melanjutkan perjalanan ke kampung halamannya, Pelindo 1 juga menyediakan 15 armada bus di Kota Medan untuk rute perjalanan menuju Aceh, Tapanuli Selatan, dan Tapanuli Tengah yang berangkat pada Minggu, 10 Januari 2018 dan Selasa, 12 Juni 2018 dari Pelabuhan Belawan.