Pelaku Begal di Medan Ubah Modus Jadi Pemalak
Tersangka Pemalakan dipaparkan di Mapolrestabes Medan (20/3/2018)

Berita Medan – Para pelaku begal yang selama ini meresahkan warga Kota Medan dan sekitarnya, kini mengubah modus aksi kejahatannya menjadi pelaku pemalakan terhadap korbannya yang sudah usia lanjut.

Hal itu disampaikan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK Msi didampingi Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Putu Yuda Prawira SIK MH dan Kanit Pidum AKP Rafles Marpaung kepada wartawan, Selasa (20/3/2018) sore.

“Modus para pelaku kini yakni melakukan pemalakan. Contohnya pada, Minggu (11/3/2018) sekira pukul 06.00 WIB, empat pemuda melakukan pemalakan terhadap Aheng alias Cua Ko Khin (64) tak jauh dari rumahnya di Jalan Kancil Kelurahan Pandau Hulu II, Medan Area.

Pelaku berhasil mengambil uang korban sebesar Rp 21 ribu, namun korban tak membuat laporan. Saat itu aksi para pelaku terekam CCTV dan sempat viral di media sosial (medsos),” ujar Kapolrestabes.

Baca Juga : Personel Polrestabes Medan Ringkus 2 Sekawan Pengedar Sabu

Tak jauh dari lokasi sambung Kombes Dadang, para pelaku juga melakukan pemalakan di Jalan Batubara terhadap Anwar Jaffar (80) warga Jalan Singapore Kelurahan Sei Rengas II, Medan Area. Aksi para pelaku juga terekam CCTV dan viral di medsos.

“Atas informasi masyarakat tentang aksi pemalakan itu, personil Pidum Sat Reskrim melakukan penyelidikan di lokasi dan memintai keterangan saksi-saksi,” ujarnya.

Lanjut Dadang, petugas berhasil mengungkap identitas para pelaku, diantaranya ARDD (25) warga Jalan Sentosa Lama Gang Selamet Kelurahan Sei kera Hulu, Medan Perjuangan, DPW (24) warga Jalan M Yakub Gang Lurah, Medan Perjuangan, SW (28) warga Jalan Gurilla, Medan Perjuangan dan P.

“ARDD yang saat beraksi memakai helm, berhasil diringkus petugas dari rumahnya. Selanjutnya petugas mengembangkan kasusnya dan kembali meringkus DPW dan SW dari rumahnya masing-masing.

Sedangkan P masing dalam pengejaran oleh petugas,” terangnya. (mc/ru)