Home / News

Rabu, 2 September 2020 - 16:34 WIB

Panen Jagung, Kalapas: Ini Bentuk Kita Dukung Ketahanan Pangan

makobar.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Siborong-borong melakukan panen jagung di lahan pertanian milik Lapas Siborong-borong (Lasibor) seluas 2000 meter.

Panen Jagung ini, kata Kalapas Siborong-borong M Pithra Jaya Saragih sebelum panen jagung ini, pihaknya mengedukasi para warga binaan pemasyarakatan (WBP) dengan memberikan pelatihan kemandirian yang bekerjasama dengan PT Wahana Subur Jaya yang berada di Siborong-borong.

“Hari ini, kita lakukan kegiatan panen raya jagung di lahan pertanian milik Lapas Siborong-borong dengan luas 2000 meter,” ungkap Kalapas Siborong-borong M Pithra Jaya Saragih, Rabu (2/9/2020).

Baca Juga  Polsek Medan Baru Kurban Sapi 3 Ekor

Ia mengaku, jagung yang dipanen sebanyak 1 ton. Di mana, jagung tersebut ditanam pada pertengahan April lalu. “Ini sebagai bentuk hasil dari pelatihan kemandirian warga binaan Bidang pertanian Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Klas IIB Siborongborong,” terangnya.

Kegiatan panen berlangsung di areal perkebunan luar tembok Lapas yang dipimpin langsung oleh Kalapas Siborong-borong M Pithra Jaya Saragih.

Ia menyatakan tanaman jagung M28 dan BSI 2 yang dipanen kali ini, hasilnya akan disumbangsihkan ke PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak ) Lapas Siborongborong sesuai dengan Salah Satu poin pada Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020.

Baca Juga  Duta Damai Sumut Luncurkan Buku Dilema Jemari

“Dan bagi warga binaan yang mengikuti kegiatan juga akan mendapatkan premi dari hasil yang didapatkan. Setelah ini kita akan remajakan tanaman jagung kembali atau tanaman lain,” pungkasnya.

Kalapas juga berharap, dengan lahan Lapas Siborongborong yang cukup luas serta kondisi tanah yang subur, program pembinaan pertanian luar lapas dapat lebih produktif kedepannya untuk menghasilkan produk pertanian unggul dan Pendapatan Negara Bukan Pajak. (mc/fan)

Share :

Baca Juga

Arab Saudi Gratiskan Biaya Perawatan Covid-19 Bagi TKI

News

Arab Saudi Gratiskan Biaya Perawatan Covid-19 Bagi TKI

News

Kader Demokrat Apresiasi Langkah Politik Akhyar
Bobby atau Akhyar yang Akan Diusung PDIP Di Pilkada Medan?

News

Bobby atau Akhyar yang Akan Diusung PDIP Di Pilkada Medan?

News

Kapolres Terima Audiensi RMTH Kota Tanjungbalai

News

Polres Tanjungbalai Amankan 48 Pengunjung Kafe

News

Brimob Turun Tangan Bantu Warga yang Rumahnya Rusak Diterpa Puting Beliung

Hukum

Gelar Perkara Undang KPK, Hinca Apresiasi Kinerja Bareskrim Polri

News

Menanti Sigapiton Menjadi Desa Wisata