Home / News

Minggu, 10 Januari 2021 - 01:17 WIB

Pakar Hukum Sebut Tidak Ada Makna Polisi Unlawful Killing Terkait Kasus Laskar FPI 

makobar.com – Pakar Hukum Universitas Indonesia (UI) Indriyanto Seno Adji menyebut bahwa tidak ada Unlawful Killing terkait dengan kasus penyerangan Laskar FPI kepada polisi di Tol Jakarta-Cikampek.

 

Menurut Indriyanto, hal itu merujuk pada temuan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang melaporkan hasil investigasi atau penyelidikannya, bahwa serangan terlebih dahulu dilakukan oleh anggota FPI saat peristiwa tersebut.

 

“Ada satu catatan penting rekomendasi Komnas HAM terkait kematian Laskar FPI yaitu serangan terlebih dahulu dilakukan oleh anggota FPI terhadap penegak hukum dalam hal ini, Polri jadi artinya ini adalah tidak ada makna yang dinamakan Unlawful Killing,” kata Indriyanto, Sabtu (9/1).

Baca Juga  Seorang Pria Tembak Tamu sampai Tewas Karena Tak Pakai Masker

 

Justru, kata Indriyanto, keputusan aparat kepolisian saat menjalankan tugasnya dalam hal ini adalah bentuk pembelaan yang terpaksa, lantaran adanya upaya ancaman keselamatan jiwa aparat penegak hukum.

 

“Yang dilakukan aparat penegak hukum justru sebaliknya, pembelaan terpaksa aparat itu adalah yang dibenarkan memiliki dasar legitimasi dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukun karena ada serangan terlebih dahulu yang ancam jiwa,” ujarnya.

 

Selain itu, Indriyanto mengatakan, dalam temuan investigasi Komnas HAM juga ada fakta yang tersajikan bahwa adanya baku tembak antara Laskar FPI dan Polisi. Sebab itu, aparat harus menelisik kepemilikan senjata api dari anggota FPI tersebut.

Baca Juga  Haikal Hassan: Jangan-jangan Gue Buang Angin juga Dilaporin

 

“Selain itu rekomendasi dapat diliat ada related evidence terkait tembak menembak itu dugaan kepemilikan senpi oleh anggota FPI secara illegal jari semua ini memberikan klarifikasi bahwa Unlawful Killing terhadap kematian dua anggota FPI tidak ada kaitan dan tindakan aparat, dapat dibenarkan dan dipertangungjawabkan secara hukum,” tutupnya.(mc/yud) 

Share :

Baca Juga

General Manager (GM) Parkside Gayo Petro Hotel Iwan Wahyudi

Ekonomi

Promo Parkside Gayo Petro Hotel Menginap Hanya Sejuta
Lokasi Tes Swab Antigen di Lapangan Merdeka, Kota Medan

News

Polisi Dinilai Keliru Menutup Operasional Tes Swab di Lapangan Merdeka
Pimpinan Fpi HRS ( foto: antara)

News

Pemerintah Minta Masyarakat Lapor jika Atribut FPI Masih Digunakan

Ekonomi

Rekomendasi 5 Cincin Perak Terbaik Terbaru 2021
Polsek Medan Helvetia Bagikan Masker Gratis di Akhir Pekan

News

Polsek Medan Helvetia Bagikan Masker Gratis di Akhir Pekan

News

Gunung Sinabung Erupsi Pagi Tadi, Tinggi Kolom Abu 1,5 Km
Suara ledakan guncang buleleng bali (foto: ilustrasi pixabay)

News

Viral, Dentuman Misterius Guncang Buleleng Bali Buat Warga Heran
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menyempatkan diri untuk mendatangi satu per satu para keluarga atau perwakilan dari awak Nanggala 402

News

Kapolri Fasilitasi Anak Prajurit Awak Nanggala 402 jadi Polisi