Home / News

Kamis, 29 April 2021 - 19:25 WIB

Ombudsman Minta Polres dan BPN se Sumut Tingkatkan Kualitas Layanan

 

Makobar.com- Ombudsman RI meminta Polda Sumut beserta Polres jajaran dan Kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) di Sumut meningkatkan kualitas layanan publik.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar saat membuka workshop pendampingan penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik kepada kementerian dan lembaga oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumut, di Hotel Santika Dyandra Premier Medan, Kamis (29/4/21).

Setelah memberikan pendampingan penilaian kepatuhan standar pelayanan publik kepada pemerintah daerah (Pemda) se Sumut pada Rabu (28/4/21) kemarin, Ombudsman RI melanjutkan pendampingan kepada Polda Sumut beserta Polres jajaran se Sumut dan juga Kantor BPN se Sumut.

Abyadi mengatakan, kepatuhan terhadap standar pelayanan publik bisa dilihat dari dua hal. Pertama adanya penyusunan serta pengumuman atribusi layanan sehingga masyarakat yang datang bisa melihat.

“Berikutnya, setelah artibusi layanan terpampang, apakah standar pelayanannya dilakukan atau tidak. Kalau misalnya mengurus ini gratis, tapi kenyataannya tidak, berarti standarnya tidak terpenuhi,” kata Abyadi.

Baca Juga  Laporan Kasus Mafia Tanah Di Poldasu Mandek 4 Bulan, Kuasa Hukum Sebut Kerugian Korban Hingga Rp 3 Miliar

Workshop oleh Ombudsman ini menurutnya berupaya memberikan pendampingan agar lembaga vertikal seperti kepolisian dan BPN tergerak untuk meningkatkan kualitas layanan. Walaupun faktanya, kualitas layanan oleh lembaga vertikal lebih baik daripada layanan oleh Pemda.

“Ombudsman bertugas mengawasi pelayanan publik. Jadi kami berharap setelah selesai forum kita ini, nanti kita bergerak cepat untuk memperbaiki pelayanan publik,” kata Abyadi.

Sebagai langkah praktis, Abyadi mengajak seluruh peserta yang berasal dari kepolisian dan BPN untuk membentuk grup WhatsApp sebagai wadah komunikasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik oleh instansi pemerintah.

“Kita ingin membuat grup dengan Polres, karena Ombudsman sudah punya grup dengan Pemda, dengan inspektorat,” paparnya.

Abyadi menambahkan, tahun ini dalam waktu dekat mereka akan melakukan survei kepatuhan terhadap standar pelayanan publik. Survei untuk tahun 2021 akan dimulai setelah lebaran.

Baca Juga  Petani Diteror OTK, Gudang Pupuk Milik Petani Dibakar

Workshop ini juga menghadirkan Dr (cand) Shohibul Anshor Siregar sebagai narasumber. Shohibul yang merupakan pengajar ilmu sosial di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ini menekankan pentingnya komitmen bersama untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Komitmen itu tak ubahnya sebuah keimanan.

“Rasanya kita masih ingat kata Jenderal Oegroseno dahulu, jangan lagi ada darah dan air mata di kantor polisi,” katanya.

Pelayanan serta program yang baik dan efektif oleh instansi pemerintah, pada gilirannya akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Ia mengambil contoh perangkat tilang elektronik yang mulai diujicoba saat ini. Menurutnya, tujuan tilang elektronik itu bukanlah ingin mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya dari pelanggar lalulintas.

“Tujuannya adalah ingin menciptakan masyarakat yang sadar dan tertib berlalulintas,” katanya. (mc/Jam)

Share :

Baca Juga

KNPI Sumut Sembelih Hewan Kurban di Medan Tembung

News

KNPI Sumut Sembelih Hewan Kurban di Medan Tembung
Ilustrasi mata uang rupiah

News

Bakal Jadi Orang Kaya Beneran Ketika Berhasil Mengelola Keuangan
Polri Terapkan Konsep Presisi di Dua Kasus, Satunya Penistaan Agama di Sumut 

News

Polri Terapkan Konsep Presisi di Dua Kasus, Satunya Penistaan Agama di Sumut 
Dirkrimsus Polda Aceh Kombes Margiyanta

News

Diduga Salahgunakan Wewenang Kapolres Agara dan Dirkrimsus Polda Aceh Dicopot

Ekonomi

Harga Emas Antam Bergerak Stagnan
PSSI Siapkan Turnament Pramusim Liga2

News

PSSI Siapkan Turnament Pramusim Liga2
Kabid Humas Poldasu Beri Dukungan Kepada FWP

News

Kabid Humas Poldasu Beri Dukungan Kepada FWP Sumut
Polri Dorong Personel Aktif Laporkan Pengawasan Prokes Melalui Aplikasi Monitor Perubahan Perilaku

News

Polri Dorong Personel Aktif Laporkan Pengawasan Prokes Melalui Aplikasi Monitor Perubahan Perilaku