Normalisasi Drainase Sebagai Antisipasi Banjir

Berita Medan – Kec Medan Belawan mengerahkan belasan personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PGSU) membersihkan drainase di Lingk 43, Kel Belawan II sesuai intruksi Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi.

Kondisi drainase di kawasan yang padat penduduk itu sangat memprihatinkan. Selain kecil dan kurang lebar, permukaannya dipenuhi sampah sehingga terjadi penyumbatan cukup parah. Dampaknya, rumah warga menjadi langganan banjir setiap hujan deran turun.

“Drainase yang ada di sini sudah lama tidak dibersihkan. Lihat sajalah isinya dipenuhi sampah.Wajar saja jika kawasan ini menjadi langganan banjir, karena drainase tidak berfungsi,” kata Camat Medan Belawan, Ahmad.

Untuk mengatasinya sebagai antisipasi banjir, pihaknya melakukan pembersihan dengan menggunakan cangkul dan penggaruk. Personil P3SU masuk ke dalam drainase mengorek secara manual.

Mengingat lokasi sulit dijangkau alat berat, mereka tidak meminta bantuan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan. Namun, pekerjaan secara manual itu hasilnya sangat memuaskan. Kondisinya yang dipenuhi sampah sudah bersih.

“Semoga dengan pengorekan yang kita lakukan hari ini, insya Allah warga bisa terhindar dari banjir yang selama ini dirasakan warga,” harapnya.

Selanjutnya, Ahmad mengajak warga sekitar untuk menjaga kebersihan draianse yang selesai dinormalisasi. “Jangan pernah sekali pun membuang sampah ke dalam drainase. Tak ada salahnya, warga rutin melakukan pengorekan drainase yang ada di depan rumahnya masing-masing, minimal sebulan sekali. Apabila ada kendala dalam pengorekan, kita langsung turun memberikan bantuan,” ujarnya.

Selain di Lingk 43, pihaknya telah menginventarisir titik-titik drainase untuk dinormalisasi. Semuanya akan secepatnya dikerjakan secara bertahap.

“Berhubung petugas kita terbatas. Prioritas utama tentunya drainase yang kondisinya cukup parah, menyebabkan kawasan tersebut menjadi langganan banjir,” katanya lagi.(mc/min)