Home / News

Kamis, 4 Februari 2021 - 20:48 WIB

Nadiem Terbitkan Surat Edaran Peniadaan UN dan Ujian Sekolah

Nadiem Terbitkan Surat Edaran Peniadaan UN dan Ujian Sekolah

Nadiem Terbitkan Surat Edaran Peniadaan UN dan Ujian Sekolah

makobar.com – Nadiem Makarim selaku Mentri Pendidikan dan Kebudayaan memastikan peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan selama masa pandemi covid -19.

Dilansir tirto.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menerbitkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Naisonal dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Surat edaran itu diterbitkan Nadiem pada 1 Februari 2021 di Jakarta.

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan begitu, UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Baca Juga  Mendikbud: Sekolah Pembelajaran Tatap Muka Setelah Vaksinasi

Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan atau program pendidikan setelah menyelesaikan program pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester, memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik, dan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dilaksanakan dalam bentuk portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap atau perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes secara luring atau daring, dan atau bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. Begitu juga untuk peserta didik penyetaraan.

Selain ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan, peserta didik SMK juga dapat mengikuti ujian kompetensi keahlian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga  Guru Gaji 700 Ribu dipecat Usai Pamer Gaji di Media Sosial

Sedangkan untuk kenaikan kelas dilakukan dalam bentuk portofolio, penugasan, tes secara luring dan daring, dan atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.

Untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dilaksanakan sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 tahun 2021 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Kemendikbud juga menyediakan bantuan teknis bagi daerah yang memerlukan mekanisme PPDB daring. (mc/yud)

Share :

Baca Juga

Pelaku Penganiayaan Diamankan Sat Reskrim Polres Tanjung Balai

Hukum

Pelaku Penganiayaan Diamankan Sat Reskrim Polres Tanjung Balai

News

Pencarian Pemuda yang Tenggelam di Danau Toba Dihentikan

News

Kadis Kesehatan Medan: Selain Plt Wali Kota juga Ada Dua Kadis yang Terpapar Covid-19

Ekonomi

Gading Marten Dipeluk Mesra Ariel Tatum, Bikin Netizen Salah Fokus

News

Razia Patuh Toba 2020 Digelar di Jalan Bakti dan Jalan Pasar Merah
Kabareskrim Mabes Polri Komjen Agus Andrianto

News

Bareskrim Polri Panggil BPJS Kesehatan Usut Dugaan Kebocoran Data WNI
Soe Hok Gie, Inspirasi Gerakan Mahasiswa Sepanjang Masa

Entertainment

Soe Hok Gie, Inspirasi Gerakan Mahasiswa Sepanjang Masa
Foto : Aswani Hafit bersama Ketua PWI Sumut H Hermansyah.(red)

News

Ingin Lakukan Konfirmasi, Wartawan Disekap 8 Pria Cepak Berlaras Panjang