Berita Medan – Terkait berdirinya sejumlah bangunan disekitar Lapangan Merdeka yang merusak tata letak maupun estetika serta fungsinya menjadi berubah mendapat tanggapan dari DPRD Kota Medan meminta agar Walikota Dzulmi Eldin bertindak tegas membongkar bangunan di seputaran lapangan Merdeka Medan.

Pasalnya, keberadaan bangunan restoran dan cafe ditenggarai merusak taman ruang terbuka hijau (RTH).

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Medan H Ihwan Ritonga SE kepada wartawan di gedung dewan.

“Walikota Medan kita desak harus membongkar bangunan yang berada dilokasi dan telah merusak keindahan lapangan Merdeka. Lapangan sebagai kebanggaan warga Medan harus dijadikan Ikon kota Medan,” tegas Ihwan.

Dia menjelaskan, keberadaan lapangan Merdeka yang saat ini semakin sempit dan kumuh harus segera diselamatkan. Hadirnya sejumlah bangunan yang dijadikan usaha restoran dan cafe telah merusak estetika kota.

Areal pinggiran lapangan Merdeka yang sebelumnya dijadikan sebagai taman dan ruang terbuka hijau kini berobah fungsi menjadi bangunan bisnis. Sehingga, fasilitas bermain dan taman rekreasi menjadi hilang.

Untuk itu kata Ihwan Ritonga selaku politisi Gerindra itu, bangunan Merdeka Walk dan lainnya supaya dibongkar. “Kita kembalikan fungsi lapangan Merdeka sebagai tempat upacara dan taman yang asri,” sebut Ihwan Ritonga.

Sebelumnya, sejumlah kalangan DPRD Medan baru baru ini sudah menyoroti keberadaan bangunan di seputaran lapangan Merdeka. Keberadaan bangunan terbukti merusak estetika kota dan RTH.

Bahkan, pengusaha restoran dan pemilik usaha disana di tuding tidak taat pajak. Anggota dewan menuding keberadaan bangunan telah merusak keindahan kota Medan.

Ditambahkan Ihwan lagi, terkait penataan dan pembongkaran bangunan di lapangan Merdeka, DPRD Medan mendukung sepenuhnya. “Kita berharap ada ketegasan penertiban seperti langkah penertiban yang dilakukan Pemko saat ini,” terang Ihwan.