Home / News

Jumat, 15 Januari 2021 - 22:22 WIB

Massa Garansi Datangi Mapolda Sumut Tuntut Dugaan Korupsi CSR di Dairi

Masa garansi datangi mapolda sumut

Masa garansi datangi mapolda sumut

makobar.com – Puluhan massa dari Gerakan Rakyat Anti Diskriminasi (Garansi) menggeruduk Markas Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Mapolda Sumut), Jalan SM Raja, Medan Amplas, Jumat (15/1/2021).

 

Aksi massa Garansi tersebut, menuntut kejelasan penggunaan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Inalum kepada Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Dairi bernilai Rp600 juta Tahun 2019.

 

Koordinator Aksi, Lutfi Wijaksono mengatakan, diduga kuat adanya permainan jahat demi untuk memperkaya diri sendiri maupun kelompok.

 

“Di mana seharusnya dana CSR tersebut dipergunakan dengan sebaik-baiknya dengan tujuan untuk menghasilkan dampak positif terhadap lingkungan dan meliputi masyarakat,” ujarnya didampingi Ketua Garansi Henri Sitorus, Koordinator Lapangan M Abdi Nasution, usai aksi di depan Mapolda Sumut.

Baca Juga  Perketat PPKM Mikro, Kapolda Sumut Perintahkan 6 Wilayah Zona Hijau

 

Lutfi menilai sesuai hasil tim investigasi di lapangan, dana CSR tersebut diduga kuat adanya mark up dan korupsi berjamaah demi untuk memperkaya diri sendiri maupun kelompok.

 

“Kami dari Garansi, meminta dengan tegas kepada Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, dan juga Dir Krimsus Polda Sumut untuk menelusuri dengan sebaik-baiknya dalam hal kasus dugaan korupsi pada dana CSR yang diberikan oleh PT Inalum kepada Dekranasda Kabupaten Dairi Rp600 juta Tahun 2019,” tegasnya.

 

Kemudian, ia meminta dan mendesak Kapolda Sumut, agar menetapkan oknum-oknum yang terlibat dugaan korupsi dana CSR yang diberikan oleh PT Inalum kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Dairi dan Dekranasda, diduga kuat melibatkan istri Bupati Dairi, Romy Mariani Simarmata.

Baca Juga  19 Polsek Polda Sumut Tidak Tangani Proses Penyidikan

 

“Mendesak Kapolda Sumut untuk memeriksa dan menetapkan tersangka oknum yang terlibat pada dugaan korupsi dana CSR dari PT Inalum Rp600 juta, diduga kuat adanya syarat korupsi,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi SIK MH mengungkapkan, aksi tersebut diterima oleh pihak humas, T Matanari. Ia menyebutkan, segala aspirasi masyarakat akan diterima dan ditanggapi serta diteruskan kepada atasan. (mc/yud) 

Share :

Baca Juga

Komjen pol agus andrianto

News

Ini Profil Komjen Agus Andrianto, Kandidat Kapolri Yang Santer Namanya

News

Razia Patuh Toba 2020 Digelar di Jalan Bakti dan Jalan Pasar Merah
Gubernur Sulsel Ditangkap Bersama 5 Orang Oleh KPK (foto: Antara)

Hukum

Gubernur Sulsel Ditangkap Bersama 5 Orang Oleh KPK
Kampanyekan Unlimited Hope, Smartfren Gowes Bareng Anya Geraldine

Ekonomi

Kampanyekan Unlimited Hope, Smartfren Gowes Bareng Anya Geraldine
Kapolsek patumbak berbagi bersama abang becak

News

Kapolsek Patumbak Ringankan Derita Abang Becak Ditengah Pandemi
Ilustrasi bulan rajab.* /Pixabay.com/photo-graphe/

News

Lakukan Ini di Bulan Rajab, Pahalanya Bisa Berlipat Ganda

News

Negeri Melaka Malaysia Beri Anugerah DMSM Kepada Said Aldi Al Idrus
Wakil Ketua DPR Aceh, Hendra Budian, SH (foto:ist)

News

Disbudpar Aceh Sukses Menggelar Pentas Didong 2021 “Pride Of Gayo”