Maskapai Saudi Arabian Airlines Buka Rute Penerbangan Jeddah-Medan PP
Sebuah pesawat terbang milik Saudi Arabian Airlines(Reuters)

Berita Medan, makobar.com – Maskapai Saudi Arabian Airlines membuka rute penerbangan baru Jeddah-Medan PP per 28 Oktober 2018.

Branch Manager Saudia Medan, Rahmat Syam Karya Putra mengatakan, ini satu-satunya penerbangan langsung tanpa transit.

“Lebih cepat dan nyaman. Desember nanti kami tambah penerbangan dari Medan lagi. Untuk Medan kita sudah empat tahun beroperasi, tapi tidak membuka rute penerbangan reguler. Untuk Indonesia, kita sudah beroperasi di tiga kota besar, Jakarta, Surabaya, dan Medan,” ujar Rahmat dikutip dari laman Kompas.com, Jumat (26/10/2018).

Baca Juga : Kapolrestabes Medan Imbau Tiga Pilar Bangunan Komunikasi

President Director GSA Saudia Airlines Andri Bermawi menjelaskan alasan dibukanya rute Medan-Jeddah PP karena jumlah umat muslim di Sumatra Utara cukup besar.

Sementara, Saudia Airlines dikenal sebagai armada jamaah haji.

“Ini pertimbangan kami yang paling mendasar, untuk melayani penumpang ke Saudi Arabia. Saudia Airlines sudah beroperasi sejak 1984 di Indonesia, mulai dari Jakarta. Ternyata penumpangnya tidak hanya dari Jakarta saja, Indonesia sangat luas,” terang Andri.

Baca Juga : Kasus Pembunuhan 1 Keluarga Di Samosir Ini Penjelasan Polisi

Andri melanjutkan, pihaknya akan melakukan ekspansi ke kota-kota lain yang menjadi kantung-kantung calon penumpang maskapainya.

Di Jakarta, ucapnya, saat ini beroperasi 24 penerbangan dalam seminggu dan akan berkembang menjadi 27 flight.

Sementara di Surabaya, sudah tersedia enam kali penerbangan dalam seminggu, untuk reguler flight-nya sebanyak lima kali seminggu.

“Jadi pengembangan itu, ekspansi… Medan dianggap potensi market, kita akan nilai potensi-potensi daerah yang bisa dilayani Saudia Airlines ke depannya,” Andri menandaskan. (mc/min/Kompas/M)