Berita Medan – Tim Program Studi Magister Ilmu Pangan (IPN) USU melakukan kunjungan ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kotamadya Tebingtinggi pada 13 September 2018 lalu, yang bertujuan untuk mensosialisasikan keberadaan program studi ini kepada para ASN yang ada di instansi tersebut.

Kunjungan tim disambut dengan baik oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tebing Tinggi, Marimbun Marpaung, SP, M Si, dan Kepala Seksi Aplikasi Informatika, Iswan Suhendi, SSTP, M Si, dan para anggota PPL.

Kunjungan ke Tebing Tinggi dan sosialisasi Prodi Magister IPN-USU dipimpin oleh Kepala Program Studi (Ka Prodi) Magister Ilmu Pangan, Dr Ir Hotnida Sinaga, M Phil, beserta tim yang terdiri dari alumni Connie Simbolon dan para mahasiswa Magister Ilmu Pangan USU (Fathia Rahmadini, Aprilia Simamora, Kristina Sipayung, Dessy Wiriani, Candra Sigalingging, Fahry Manurung, dan Edy Syahputra).

Dalam sambutannya, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tebingtinggi mengaku sangat senang menerima kedatangan Tim Prodi IPN USU, yang mengenalkan tentang program studi tersebut kepada mereka.

Sebelum kunjungan Tim IPN USU, mereka belum pernah mengetahui dan mendengar keberadaan prodi tersebut.

Kadis juga mengutarakan bahwa sampai saat ini masih sangat sedikit ASN yang memiliki pendidikan S2 di Tebing Tinggi. Dengan demikian, sosialiasi tersebut merupakan kesempatan yang baik untuk memotivasi para ASN di Tebing Tinggi dalam melanjutkan pendidikannya ke Magister Ilmu Pangan karena mata kuliah yang ditawarkan sangat menjawab berbagai masalah yang terjadi di daerah Tebing Tinggi.

Sementara itu, pada sesi pengenalan institusi, Ka Prodi Magister Ilmu Pangan USU memaparkan dengan lengkap mengenai profil Prodi. Mulai dari akreditasi B yang telah dicapai, kurikulum, serta cara dan syarat-syarat pendaftaran untuk menjadi mahasiswa baru di prodi yang dipimpinnya.

Dalam kesempatan itu, wakil dari Ikatan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Pangan USU, Apilia Simamora, juga menginformasikan kegiatan aktif para mahasiswa yang baru-baru ini dilakukan, termasuk kegiatan sosialisasi dan kunjungan lapangan ke Srinakharinwirot
University, Ongkharak, Thailand.

Menanggapi paparan sosialisasi dari Kepala Prodi Magister Ilmu Pangan, Kadis mengatakan, bahwa materi kurikulum dalam prodi tersebut relevan dengan pekerjaan rutin pada instansi yang mereka pimpin. Mengingat mereka juga memiliki beberapa kelompok tani yang terkait dengan pangan. Sebagian dari para petani dampingan mereka juga memiliki usaha sampingan seperti pembuatan kue bawang, kue ketawa, dan untir-untir.

Mereka juga membuat perencanaan untuk cluster agrowisata di mana salah satu bentuk kegiatannya adalah mempresentasikan produksi dari hulu hingga ke hilir. Hal ini tentunya membutuhkan dukungan dari pihak akademis.

Menutup sambutannya, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tebing Tinggi mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan sosialiasi Program Studi Magister Ilmu Pangan USU dan mengimbau para ASN Tebing Tinggi untuk melanjutkan pendidikannya, khususnya ke Program Studi Magister Ilmu Pangan USU.