LSM penjara desak Kalapas kelas II B Gunungsitoli Dicopot

Berita Gunungsitoli – akibat pelesiran ke pantai Walo beberapa waktu lalu, Agusman Lahagu (45) alias Ama Teti Narapidana (Napi) pembunuh pegawai kantor pajak Pratama Sibolga, yang sedang menjalani hukumannya 20 tahun penjara di Lapas Kelas II B Gunungsitoli, akhirnya dipindah ke Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan.

Hal ini dibenarkan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Ka. Lapas) Kelas II B Gunungsitoli, Yunus Simangunsong, kepada wartawan melalui Via selularnya (Senin, 23/4/2018). Namun dirinya berkilah alasan pemindahan ini terkait pelesiran Agusman Lahagu ke Pantai Walo beberapa waktu lalu.

“Memang benar Agusman Lahagu sudah dipindahkan ke Lapas kelas I Medan, Ini berdasarkan surat perintah Kakanwil Sumut yang kita terima, Tapi pemindahan ini bukan karena isu pelesiran, tapi untuk dilakukan pembinaan kepada yang bersangkutan”,Kata Simangunsong singkat.

Seperti diberitakan sebelumnya, dari video yang beredar, Agusman Lahagu napi terhukum 20 tahun penjara atas kasus pembunuhan, dan baru menjalani hukumannya dua tahun di Lapas Klas II B Gunungsitoli, kedapatan pelesiran di Pantai Walo, Kecamatan Sawo, Kabupaten Nias Utara, bersama istrinya dan dikawal beberapa orang pegawai Lapas kelas II B Gunungsitoli.

Terkait kejadian ini, LSM Penjara se-kepulauan Nias sempat dua kali menggelar unjukrasa di Lapas Gunungsitoli, mereka protes begitu mudahnya seorang napi dibawa jalan-jalan ke pantai oleh oknum pegawai lapas.

Mereka menuntut, Ka. Lapas Kelas II B Gunungsitoli dicopot dari jabatannya, pegawai yang ikut mengantar Agusman Lahagu kepantai diberi sangsi berat, dan Napi Agusman Lahagu dipindahkan dari Lapas Gunungsitoli.

Baca Juga : Napi di Nias Utara ‘Doyan’ Plesiran, LSM Penjara Desak Kalapas Dicopot

Terpisah, Markus K. Hulu ketua DPC LSM Penjara Kota Gunungsitoli dimintai tanggapannya, kepada wartawan,Senin (23/4/2018), mengapresiasi Kakanwil Sumut atas dipindahnya Agusman Lahagu, namun dia berharap agar tuntutan lainnya segera dipenuhi, karena kalau tidak dalam waktu dekat akan menggelar aksi yang sama dengan massa yang lebih besar.

“Salah satu tuntutan kita sudah dipenuhi, LSM Penjara se-Kepulauan Nias mengapresiasi pihak Kakanwil Sumut.

Namun harapan kita kepada Bapak Menkumham RI, untuk segera mencopot Ka. Lapas Gunungsitoli.

Karena jelas-jelas dia telah melanggar aturan membiarkan Agusman Lahagu pelesiran ke pantai, dan pegawai lapas yang ikut mengawal supaya diberi sangsi tegas”,Harap Markus (mc/Drew)