Home / News

Kamis, 29 April 2021 - 23:35 WIB

Lapas Anak Kelas 1 Medan Sudah Punya Sekolah NKRI

makobar.com – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Medan, sekarang ini resmi memiliki sarana pendidikan Sekolah NKRI.

Hal tersebut ditandai dengan launching sekolah yang dikhususkan bagi anak-anak yang sedang menjalani pembinaan di LPKA, di Jalan Pemasyarakatan oleh Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, Sumatera Utara, Anak Agung Gde Krisna, Rabu (28/4/2021).

“Sekolah ini kita buat dengan bekerjasama dengan Forum Pemerhati Pemasyarakatan Sumatera Utara,” kata Gde Krisna didampingi Kepala LPKA Kelas 1 Medan, Bakkara.

Gde Krisna menjelaskan, kurikulum pendidikan yang akan diterapkan pada Sekolah NKRI, nantinya akan disusun atas Koordinasi LPKA Kelas 1 Medan dengan Forum Pemerhati Pemasyarakatan Sumatera Utara dan Dinas Pendidikan. Pendidikannya akan disetarakan dengan paket-paket kurikulum pada sekolah formal biasa seperti paket A,B dan C.

Baca Juga  Bupati Tapanuli Tengah Tandatangani Dan Serahkan SK CPNS Eliza Imelda Hutapea

“Nantinya mereka akan memiliki ijazah yang setara dengan paket A B C. Harapannya saat keluar dari sini nanti mereka punya keterampilan,” ujarnya.

Para pengajar di sekolah NKRI ini, kata Gde Krisna juga akan melibatkan para ekspert mulai dari kalangan akademisi, praktisi hingga kalangan profesional dan para rohaniawan, serta kalangan dari Jurnalis.

“Jadi disini memang berbeda pendidikan kepada mereka dikombinasikan pada 3 hal pokok utama. Mereka dapat pendidikan formal, dapat moralnya dan keterampilan,” pungkasnya.

Sekolah NKRI di LPKA 1 ini masih akan menggunakan tenda sebagai ruangan belajar. Hal ini karena bangunan permanen untuk tempat mereka belajar belum tersedia.

Baca Juga  Sandiaga Uno Dukung Program The Kitchen of Asia Pemko Medan

“Maka itu, semangat untuk membuat sekolah yang diprakarsai pak Kepala LPAK ini yang harus kita sambut dan dukung. Nanti kalau ada bahan bacaan, alat-alat sekolah yang tidak dipakai silahkan dikirim kemari untuk menjadi bahan bacaan bagi anak-anak yang ada disini,” pintanya.

Sementara itu, Kepala LPKA Kelas 1 Medan Batara Hutasoit mengatakan sekolah ini akan menjawab keinginan anak-anak binaan mereka yang kerap mengeluh ingin mendapatkan pendidikan.

“Banyak sekali anak-anak mengeluh, mereka ingin belajar. Meski sedang menjalani hukuman di sini, mereka memiliki hak untuk mendapatkan itu. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu memprakarsai Sekolah NKRI ini,” ucapnya. (mc/fan)

Share :

Baca Juga

News

Walikota Medan Dukung Kepolisian Berantas Narkotika

Ekonomi

Permodalan Nusantara Madani
Mabes Polri Diserang, Satu Orang Dilumpuhkan Polisi

News

Breaking News Mabes Polri Diserang, Satu Orang Dilumpuhkan Polisi
Kabareskrim Polri: Penahanan 4 IRT di Lombok Tengah Sudah Ditangguhkan

News

Kabareskrim Polri: Penahanan 4 IRT di Lombok Tengah Sudah Ditangguhkan

News

768 Alumni SKPP Diharapkan Awasi Pilkada 2020
Gelar Konferensi Pers, Mabes Polri Hadirkan Juru Bicara Isyarat untuk Kaum Difabel

News

Gelar Konferensi Pers, Mabes Polri Hadirkan Juru Bicara Isyarat untuk Kaum Difabel

News

Peringatan Dini Cuaca di Sumut Hujan dengan Intensitas Sedang dan Lebat

News

Kapolda Sumut Pimpin Penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Seleksi Penerimaan Anggota Polri T.A. 2021