Kamabisaka Wira Kartika, Letkol CZi Denden Sumarlin membuka kegiatan perkemahan giat prestasi penggalang ramu tingkat sekolah dasar. (ist)
Kamabisaka Wira Kartika, Letkol CZi Denden Sumarlin membuka kegiatan perkemahan giat prestasi penggalang ramu tingkat sekolah dasar. (ist)

Berita Rantauprapat Kwarcab Pramuka Labuhanbatu melaksanakan perkemahan giat prestasi penggalang ramu tingkat sekolah dasar se-Kwarran Bilah Barat, Jumat.

Kamabisaka Wira Kartika, Letkol CZi Denden Sumarlin dalam pembukaan kegiatan di Lapangan Emplasmen PTPN III Rantauprapat menyampaikan, perkemahan penggalang ramu bertujuan menciptakan tumbuhnya kader sehat dengan jiwa kepemimpinan handal, tangguh dan terpercaya untuk persiapan membangun jiwa dan raga demi kepentingan masyarakat dan bangsa.

Kegiatan ini diharapkan mampu mengembangkan karakter anak usia 11-13 tahun sejak dini yang memang membutuhkan kerja keras, kerjasama saling menguatkan demi terwujudnya tujuan Gerakan Pramuka.

Seperti tertuang dalam AD/ART Gerakan Pramuka tahun 2013 bertujuan membentuk kepribadian beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa.

“Pelaksanaan perkemahan diharapkan berlangsung dengan gembira, menjalin persahabatan yang kokoh, beranjangsana kesetiap Gudep sambil mencari kelebihan masing-masing untuk penguatan pada ujung tombak Pramuka,” kata Denden.

Baca Juga: BNN RI Ringkus Jaringan Narkoba Internasional, 1 Masuk Kamar Jenazah

Ia menyampaikan, kepada Pembina dan Pembimbing diimbau memakai pola welas asih yang berpedoman pada sistem among agar terwujud Gudep baik dan berprestasi dibarengi pertandingan jujur, penuh persaudaraan dengan tidak melupakan koordinasi kepada Kamabigus.

Kamabisaka Wira Kartika juga berpesan agar dewan juri dan panitia dapat melaksanakan tugas dengan baik dan adil, jangan merendahkan nilai karena kepentingan sesaat serta menjaga martabat agar saat mengambil keputusan tidak menjadi polemik.

“Kepada adik-adik saya ingatkan dan berpesan, menjadi Gudep berprestasi adalah baik, namun ingatlah menjadi Gudep baik adalah sebuah prestasi. Terima kasih kepada semua pelaksana maupun orangtua peserta didik,” katanya. (mc/min) 

Sumber Antara