Berita Medan, makobar – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sosialisasi surat edaran Dirjen Pemasyarakatan.

Sosialisasi tentang penguatan integritas kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Cabang Rumah Tahanan Negara Pancurbatu itu dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv-Pas) Kanwil Kemenkumham Sumut, Jahari Sitepu SH,MH, Kamis, (7/2/2019).

“Sosialisasi surat edaran Dirjen Nomor PAS-126.PK.02.10.01 Tahun 2019, tanggal 4 Februari 2019 ini terkait upaya progresif dan masif pemberantasan narkoba di Lapas/Rutan,” ujar Jahari Sitepu didampingi Kabid Pembinaan, Kasubbid Keamanan, Kasubbid Perawatan Napi/Tah, Kasubbid Informasi dan Komunikasi, Dokter Kanwil serta Tim Monev Kanwil Sumut lainnya.

Lebih lanjut dijelaskan Jahari, pada surat edaran itu, Dirjen Pemasyarakatan menegaskan kepada seluruh ASN di Lapas dan Rutan tidak melakukan pembiaran, pemanfaatan keuntungan, penguasaan dan pemakian handphone, peredaran narkotika dan pungutan liar.

“Nah, menindaklanjuti secara konkrit surat edaran tersebut, kita melakukan sosialisasi kepada petugas Lapas dan Rutan ini. Ini juga merupakan salah satu upaya progresif dan secara masif kita untuk pemberantasan narkotika di dalam Lapas dan Rutan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Jauhari berharap agar para ASN di Lapas dan Rutan untuk melaksanakan dan menindaklanjuti surat edaran yang antara lain melarang siapapun tanpa terkecuali membawa HP ke dalam area hunian/blok hunian, melarang petugas yang tidak berdinas untuk masuk ke dalam area hunian/blok hunian.

“Itu antara lain larangan sesuai surat edaran yang disosialisasikan di cabang Rutan Pancurbatu. Sedangkan hal lainnya ialah mewajibkan menyediakan loker tempat penyimpanan Handphone, memakai seragam lengkap ketika bertugas, melakukan kolaborasi kerja dengan instansi terkait, mengimbau kepada seluruh petugas untuk tidak terlibat dan ikut memerangi narkoba, melakukan pembenahan dengan melakukan razia rutin minimal 2 kali dalam sepekan, dan bekerja sesuai dengan SOP serta yang lebih penting lagi ialah bekerja dengan setulus hati,” harapnya. (mc/jam)