Home / News

Sabtu, 5 Desember 2020 - 15:52 WIB

KNPI Sumut, Banjir di Sumatera Utara Karena Kerusakan Lingkungan

Samsir Pohan yang di temui sabtu siang (5/12/2020) di kantor DPW Al-Wasliyah Sumatera Utara, mengungkapkan, bahwa banjir yang melanda sebagian besar Provinsi Sumatera Utara, diakibatkan adanya kerusakan hutan yang berfungsi sebagai penyangga air.

“Saya menduga, kawasan hutan yang ada di wilayah Sumatera Utara banyak beralih fungsi. Peralihan fungsi hutan tersebut, merupakan faktor penyebab terjadinya bencana banjir di Sumatera Utara”. Ungkap Samsir Pohan.

Samsir meminta agar Pemerintah Sumatera Utara, melakukan investigasi terkait peristiwa banjir yang melanda kawasan Provinsi Sumatera Utara, agar peristiwa banjir ini tidak lagi terulang kembali.

Baca Juga  Mayat wanita mengambang di Kolam Pancing

“Ada perlunya pak Edy, membuat team investigasi banjir Sumut, karena saya indikasikan peristiwa banjir ini terjadi bukan karena intensitas hujan yang besar saja, melainkan kerusakan hutan yang berada di Sumatera Utara. Baik pemerintah kabupaten, provinsi dan Kementrian yang terkait serius menanganin kerusakan hutan, agar peristiwa banjir yang sangat merugikan masyarakat tidak kembali terulang”. Ungkap ketua KNPI Sumut.

Sementara itu, aktifis lingkungan Bobi Septian menerangkan, bahwa peristiwa banjir di Sumatera Utara, dikarenakan tidak seriusnya pemerintah daerah dan kementrian dalam melakukan pengawasan area hutan yang ada di Sumatera Utara.

Baca Juga  Jajaran GM PLN Regional Sumut Bahas Kerjasama Berbagai Sektor dengan Kejatisu

“Banyak kawasan hutan yang beralih fungsi menjadi area perkebunan pribadi dan kawasan ekowisata tanpa memikirkan keberlangsungan kawasan hutan. Peralihan fungsin kawasan hutan inilah yang menyebabkan banjir melanda sebagian besar banjir di Sumatera Utara”.

Bobi meminta kepada pihak aparat penegak hukum, dapat mengusut dan menindak para pengrusak hutan di kawasan Kabupaten Simalungun, Tanah Karo dan Deli Serdang. Karena kerusakan hutan ditawasan kabupaten tersebut, berimbas terjadinya banjir di sebagian besar Provinsi Sumatera Utara. (mc/bs)

 

Share :

Baca Juga

Sat Narkoba Polres Labuhanbatu Diserang Masyarakat Saat Grebek Pemasok Narkoba

Hukum

Sat Narkoba Polres Labuhanbatu Diserang Masyarakat Saat Grebek Pemasok Narkoba
KPU Medan Tetapkan Bobby Nasution Jadi Wali Kota Medan Terpilih

News

KPU Medan Tetapkan Bobby Nasution Jadi Wali Kota Medan Terpilih
kasur nia ramadhani

Entertainment

Rentetan Artis yang Punya Tempat Tidur dengan Harga Rp 1 Miliar
Pemerintah Tidak Akan Diam Terkait Dipaksanya Mundur Team All England Indonesia

News

Pemerintah Tidak Akan Diam Terkait Dipaksanya Mundur Team All England Indonesia
Masalahnya, proyek bronjong sungai itu telah memakan sempadan sungai. Bahkan menurut warga, pembangunan itu sampai ke badan sungai. Akibatnya fatal, sebab jika hujan datang debit air meningkat akhirnya meluap ke pemukiman warga.

Hukum

Serobot Sempadan Sungai Deli, Pengerjaan Bronjong Perumahan Disidak Bobby Nasution
Sekdaprov Sumut R Sabrina membuka Dialog Kebangsaan Hari Pers Nasional dengan ‘Tema Pers Perjuangan : Antara Idealisme dan Komersialisme di Era Millenial’ yang diselenggarakan di Gedung Juang 45 Sumut, Jalan Pemuda No. 17 Medan, Selasa (16/2/2021)

News

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Ajak Pers Berkolaborasi Sejahterakan Masyarakat

News

Timnas Indonesia Taklukkan Bali United 3-1
Kabareskrim Polri: Penahanan 4 IRT di Lombok Tengah Sudah Ditangguhkan

News

Kabareskrim Polri: Penahanan 4 IRT di Lombok Tengah Sudah Ditangguhkan