Home / Artikel / Entertainment / News

Selasa, 2 Maret 2021 - 18:00 WIB

Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis dan Amalan Sunah Pembuka Pintu Surga

Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis dan Amalan Sunah Pembuka Pintu Surga (Shutterstock)

Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis dan Amalan Sunah Pembuka Pintu Surga (Shutterstock)

makobar.com – Puasa sunnah merupakan salah satu ibadah yang di anjurkan dalam islam. Selain dapat memberi kita manfaat kesehatan, pahala serta jaminan mendapatkan syurga dari Allah SWT.

Mengutip dari Merdeka.com. Ibadah puasa sedikit berbeda dibandingkan dengan ibadah lainnya. Jika pada umumnya ibadah yang kita lakukan amalannya hanya untuk diri sendiri, namun tidak begitu dengan ibadah puasa.

Amalan dari ibadah puasa ini khusus untuk Allah SWT. Dalam suatu riwayat, Allah berfirman yang artinya, “Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku”.

Ibadah puasa hendaknya bukan hanya dikerjakan saat bulan Ramadan. Ada banyak ibadah puasa sunah dengan keutamaan-keutamaan luar biasa yang bisa kita kerjakan. Salah satu puasa sunah yang bisa dikerjakan yaitu puasa Senin Kamis.

Seperti puasa sunah lainnya, keutamaan puasa Senin Kamis akan sayang jika dilewatkan begitu saja. Berikut ini beberapa keutamaan puasa Senin Kamis yang kami rangkum dari islampos.com.

1.Dibukanya Pintu Surga

Keutamaan puasa Senin Kamis yang pertama adalah dibukanya pintu surga. Pintu-pintu surga dikatakan akan dibuka pada dua hari, yaitu pada hari Senin dan Kamis.

Pada hari-hari inilah dosa setiap orang akan diampuni, kecuali dua orang mukmin yang sedang bermusuhan.

Dari Abu Harrairah Radiallahu anhu, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :
“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).

Baca Juga  Pengurus BKMT Kecamatan se-Kota Medan Nyatakan Musdalub Tidak Sah dan Tolak Pengurus Baru

2. Surga Khusus bagi Orang Berpuasa

Keutamaan puasa Senin Kamis yang kedua yaitu orang yang berpuasa akan mendapatkan surga khusus untuknya. Orang-orang yang rajin mengamalkan ibadah puasa, akan memasuki surga khusus yang bernama Ar-Rayyan.

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan: manakah orang-orang yang suka berpuasa? Maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim).

3. Waktu Diperiksanya Amalan Manusia

Keutamaan puasa Senin kamis yang ketiga yaitu pada hari-hari itu, amalan manusia akan diperiksa. Amal-amal manusia akan diperiksa oleh Allah SWT pada kedua hari ini. Hal ini sesuai dengan hadis dari Abu Harrairah Radiallahu anhu, bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda:

Baca Juga  Polres Tanjung Balai Amankan 2 Tersangka Curanmor dan Seorang Penada Dalam Waktu Kurang dari 24 Jam

“Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim).

4. Amalan yang Disukai Rasul

Keutamaan hari Senin dan Kamis yang terakhir yaitu bahwa puasa ini termasuk salah satu ibadah yang disukai oleh Rasulullah. Dari ‘Aisyah Radhiallahu anha, ia mengatakan,

“Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis”. (HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah, Imam Ahmad).

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam juga menyampaikan alasan beliau berpuasa di kedua hari ini melalui hadis berikut,

“Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.”(HR. At Tirmidzi dan lainnya).

Itulah beberapa keutamaan puasa Senin Kamis yang sebaiknya umat muslim ketahui. Dengan mengetahui keutamaan-keutamaan suatu ibadah, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi setiap umat muslim untuk mengamalkannya. (mc/yud)

 

Share :

Baca Juga

Arti Ghosting dan Dampaknya Terhadap Psikologi Jangka Panjang (foto: pixy.org)

Health

Arti Ghosting dan Dampaknya Terhadap Psikologi Jangka Panjang
Bobby atau Akhyar yang Akan Diusung PDIP Di Pilkada Medan?

News

Bobby atau Akhyar yang Akan Diusung PDIP Di Pilkada Medan?
Mahasiswa STIS Dayah Amal Serahkan Dana Untuk Bantu ketiga Balita Penderita Sakit

News

Mahasiswa STIS Dayah Amal Serahkan Dana Untuk Bantu ketiga Balita Penderita Sakit

News

Gegana Brimob Lakukan Sterilisasi Pasca Penemuan Mortir di Siborong-borong
Ilustrasi zodiak Ramalan Zodiak Mingguan, Gemini Hindari Pertengkaran

Entertainment

Ramalan Zodiak Mingguan, Gemini Hindari Pertengkaran
Bongkahan Es (foto:Pixabay)

News

Pecah Lagi, Bongkahan Es Terbesar Dunia Seluas Pulau Bali Lenyap

News

Hello Desember, Nginap Dua Hari di Saka Hotel Hanya Rp 600 Ribuan
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi

News

Gubernur Sumut Bilang Jangan Sungkan Beri Saran dan Masukan