Home / Artikel / Entertainment

Senin, 5 April 2021 - 16:21 WIB

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan Bagi Umat Islam

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan Bagi Umat Islam (foto/freepik)

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan Bagi Umat Islam (foto/freepik)

makobar.com – Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu oleh umat Islam di dunia. Banyak keberkahan serta pahala setiap ibadah mendapatkan nilai lebih dari Allah SWT. Bulan yang dikenal sebagai bulan penuh berkah ini memiliki keutamaan lebih dari bulan lainnya.

Berikut Makobar rangkum sejumlah keutamaan Bulan Suci Ramadhan:

1. Bulan diturunkan nya AL=-Quran

 

ilustrasi turunnya alquran (foto/freepik)

Allah SWT berfirman

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

yang memiliki arti, “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)”. (QS. Al-Baqarah: 185).

2. Bulan dimana setiap doa dikabulkan

Allah Ta’ala berfirman,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

Ibnu Katsir rahimahullah menerangkan bahwa masalah ini disebutkan di sela-sela penyebutan hukum puasa. Ini menunjukkan mengenai anjuran memperbanyak do’a ketika bulan itu sempurna, bahkan diperintahkan memperbanyak do’a tersebut di setiap kali berbuka puasa. (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 2: 66).

Baca Juga  Breaking News Mabes Polri Diserang, Satu Orang Dilumpuhkan Polisi

Pernyataan yang dikatakan oleh Ibnu Katsir menunjukkan bahwa bulan Ramadhan adalah salah waktu terkabulnya do’a. Namun do’a itu mudah dikabulkan jika seseorang punya keimanan yang benar.

Ibnu Taimiyah berkata, “Terkabulnya do’a itu dikarenakan benarnya i’tiqod, kesempurnaan ketaatan karena di akhir ayat disebutkan, ‘dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran’.” (Majmu’ah Al Fatawa, 14: 33-34).

Perihal Ramadhan adalah bulan do’a dikuatkan lagi dengan hadits dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan.” (HR. Al Bazaar. Al Haitsami dalam Majma’ Az-Zawaid, 10: 14 mengatakan bahwa perowinya tsiqoh -terpercaya-. Lihat Jami’ul Ahadits, 9: 224)

3. Bulan penuh ampunan

ilustrasi memohon ampunan (foto/eumroh)

Keutamaan bulan Ramadhan adalah dimana pada bulan ini dilakukan pengampunan dosa-dosa. Bulan Ramadhan menjadi waktu yang baik untuk melakukan taubat.

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslims).

4. Bulan penuh limpahan berkah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mensabdakan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh barakah.

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ

“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah…” (HR. Ahmad)

5. Dibukakan pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu neraka

Baca Juga  Ashanty Ngeri Ketika Maia Estianty Bahas Isu Selingkuh

pada bulan yang agung ini, banyak sekali keutamaan yang disediakan Allah agar hamba-hambaNya mudah dalam menjalankan ketaatan. Salah satunya sebagaimana gambaran hadits Nabi berikut:

إِذَا دَخَلَ شَهْرُ رَمَضَانَ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ، وَسُلْسِلَتِ الشَّيَاطِينُ

“Apabila bulan Ramadhan datang, maka pintu-pintu langit dibuka sedangkan pintu-pintu jahannam ditutup dan syaitan-syaitan dibelenggu.” (HR. Bukhari)

Menurut hadits ini, ketika bulan Ramadhan masuk, ada tiga hal yang dianugerahkan Allah kepada hamba-Nya agar ibadahnya bisa maksimal, yaitu: dibukanya pintu langit, ditutupnya pintu neraka jahannam dan dibelenggunya setan-setan. Dibukanya pintu langit, kalau melihat redaksi lain adalah surga. Sabda Nabi,

“Apabila bulan Ramadhan datang, maka pintu-pintu surga dibuka.” (HR. Bukhari).

6. Setan dibelenggu

Hadits menyebutkan bahwa ketika bulan Ramadhan pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. … Artinya,

“Ketika masuk bulan Ramadlan maka syaitan-syaitan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup,” (HR Bukhari dan Muslim)

7. Ibarat malam seribu bulan

Ilustrasi malam lailatul qadar (foto/tribunstyle)

Di malam Lailatul Qadar, merupakan satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Hal itu seperti dalam firman Allah SWT berikut:

لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِ  ۙ خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS Al Qadr ayat 3).

Syekh Abdul Halim Mahmud dalam Syahr Ramadhan menghitung seribu bulan setara dengan 83 tahun 4 bulan.

Itulah 7 keutamaan Bulan Suci Ramadhan yang memiliki banyak kemuliaan dan keberkahan di dalamnya. Mari tingkatkan kualitas keimanan kita dan selalu berupaya melakukan segala perintahnya dan jauhi semua larangan nya.

jazakumullah khoiron katsiron

wallahualam bissawab

(mc/yud)

Share :

Baca Juga

Raffi Ahmad

Entertainment

Dilirik PKB di Pilgub DKI Jakarta Raffi Ahmad Buka Suara
Pemanfaatan Batu Bara Untuk Masak Bakal Tekan Impor LPG

Ekonomi

Pemanfaatan Batu Bara Untuk Masak Bakal Tekan Impor LPG

Entertainment

Sinopsis Film Unlocked: Kisah Agency Alice Racine Jalani Operasi Senyap

Entertainment

Sinopsis Film End of a Gun Tayang Malam Ini
5 Atlet Terkaya pada 2021, Nomor 1 Tembus Rp30,8 Triliun ( foto:bleacherreport.com)

Artikel

5 Atlet Terkaya pada 2021, Nomor 1 Tembus Rp30,8 Triliun
Film Cell

Entertainment

Film Cell: Virus Phoner Membuat Orang Pakai Ponsel Jadi Zombie
Chord Gitar dan Lirik Lagu Akad oleh Payung Teduh

Chord gitar

Chord Gitar dan Lirik Lagu Akad oleh Payung Teduh
Sinopsis Film Now You See Me: Four Horsemen Mengecoh FBI

Entertainment

Sinopsis Film Now You See Me: Four Horsemen Mengecoh FBI