Home / News

Rabu, 10 Maret 2021 - 20:52 WIB

Kasatresnarkoba Polres Labuhanbatu Sosialisasi Peraturan Penanganan Pecandu Narkotika

Makobar.com-Kepala Satuan Reserse Narkotika dan Obat-obatan (Satresnarkoba) Polres Labuhanbatu, AKP Martulesi Sitepu menyosialisasikan peraturan tentang penanganan pecandu narkotika.

Sosialisasi dilaksanakan sebagai bagian dari pembentukan percontohan kelurahan bersih dari narkoba di wilayah hukum Polres Labuhanbatu.

“Dalam pelaksanaan penanganan pecandu narkoba, diperlukan peran aktif dari setiap keluarga yang merasa anggota keluarganya sudah menjadi pecandu narkoba diawali dengan adanya perubahan-perubahn perilakunya yang tidak wajar. Suka menyendiri, melawan kepada orang tua, malas belajar bagi mereka yang masih bersekolah,malas bekerja bagi orang dewasa,mudah tersinggung,” ujar Kasatresnarkoba Polres Labuhanbatu, AKP Martualesi Sitepu pada sosialisasi yang dilaksnakan di Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Rabu (10/3/2021).

Selain itu, pada kesempatan tersebut, mantan Kanit Reskrim Polsek Medan Kota ini mengajak masyarakat untuk sama-sama bergandengan tangan melakukan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Baca Juga  Kapolres Labuhanbatu Salurkan Bansos Kepada Keluarga yang Membutuhkan¬†

“Sedangkan sosialisasi diberikan dengan sebagai tahapan pelaksanaan pembentukan Kelurahan Sidorejo menjadi percontohan Lingkungan Bersih Narkoba di wilayah hukum Polres Labuhanbatu. Disebut dengan Kampung Tangguh narkoba, mengajak peran serta masyarakat dalam P4GN dan agar masyarakat tidak ragu melaporkan anggota keluarganya yang sudah menjadi pecandu narkotika dan selanjutnya dilakukan rehabilitasi,” ajaknya.

Masih pada kesempatan yang sama, AKP Martualesi juga menyebut, bahwa memerangi narkoba ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah ataupun kepolisian saja tetapi merupakan tugas semua komponen bangsa, masyarakat dan pemerintah harus bersama dalam penanggulangannya sehingga penyalahguna narkoba bisa lebih mudah diberantas dan program rehabilitasi bisa berjalan.

“Untuk itu, saya menyarankan agar para keluarga di sini dapat melaporkan apabila ada keluarganya yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, sehingga dapat langsung dilakukan rehabilitasi,” sebutnya.

Baca Juga  BKPRMI-Kabaharkam Polri Ringankan Beban Korban Banjir Banjarmasin

Penyakit ini, sambungnya, harus segera diobati, yaitu dengan rehabilitasi. Jika kita biarkan, anak cucu kita yang akan menjadi imbasnya.

Sebelumnya, kata Martualesi, ia sudah memasukkan 11 pecandu ke panti rehabilitasi di bawah kementerian sosial.

Bahkan untuk akomodasi dan pengawalan serta makanan para pecandu, dirinyalah yang membiayai.

Untuk itu, kata Kasatresnarkoba Polres Labuhanbatu, ia juga mengimbau kepada masyarakat, jika ada dari pihak keluarga mereka yang ingin direhabilitasi agar segera mendaftar kepada pihaknya.

“Jika memang ada orang susah dan berkeinginan keras untuk direhab, pasti kita fasilitasi dan akan kita respon silahkan menghubungi no call centre Satresnarkoba Polres Labuhanbatu di no +62 853-7036-7121,” pungkas mantan Kasatresnarkoba Polres Sergai ini. (mc/Jam)

Share :

Baca Juga

News

Pemuda Medan Berselancar dan Mancing di Genangan Air
Chord Gitar dan Lirik Lagu Sarjana Muda Iwan Fals, Kunci dari Am: Berjalan Seorang Pria Muda

Chord gitar

Chord Gitar dan Lirik Lagu Sarjana Muda Iwan Fals, Kunci dari Am: Berjalan Seorang Pria Muda
RUPS LB PT BANK Sumut Angkat Komut Datuk Syaiful Azhar

Ekonomi

RUPS LB PT BANK Sumut Angkat Komut Datuk Syaiful Azhar
Ramlan cinta 1 februari 2021 (foto:pixabay)

Entertainment

Ramalan Zodiak Cinta Senin 1 Februari 2021: Gemini Rasakan Kasih Sayang, Leo Waspada Orang Ketiga

News

KNPI Sumut, Banjir di Sumatera Utara Karena Kerusakan Lingkungan
Bobby Nasution Hadiri Acara Isra' Mi'raj di Masjid Al-Ihsan

News

Bobby Nasution Hadiri Acara Isra’ Mi’raj di Masjid Al-Ihsan
Juventus Menanti Aksi Cristiano Ronaldo di Kampung Halaman

Internasional

Liga Champion, Juventus Menanti Aksi Cristiano Ronaldo di Kampung Halaman
Ilustrasi. Kelebihan konsumsi karbohidrat membawa dampak negatif buat tubuh. (condesign/Pixabay)

Health

7 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Asupan Karbohidrat