Samosir, makobar.comKapolres Samosir, AKBP Muhammad Saleh SIK MM mengajak masyarakat di wilayah hukumnya untuk sama-sama menciptakan kondusifitas kamtibmas.

Ajakan tersebut disampaikan orang nomor satu di Mapolres Samosir ini saat menyambangi tiga desa di kabupaten tersebut, Senin, (20/1/2020).

Ketiga desa tersebut ialah Desa Boho, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Desa Sari Marihit dan Desa Janji Martahan, Kecamatan Harian.

“Guna terciptanya situasi yang aman dan kondusif menjelang Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) tahun 2020, saya selaku Kapolres Samosir mengajak seluruh masyarakat Samosir untuk sama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah Samosir,” ujar AKBP Muhammad Saleh didampingi Kasat Lantas AKP M Harahap, Kasat Intelkam AKP M N Ginting, Kasatresnarkoba, Iptu N Sibarani, Kapolsek Harian AKP Herman dan Kanit Tipikor Ipda J Sianipar beserta personil Polres Samosir.

Selain itu, lanjut Saleh menjelaskan, hal itu dilakukan agar situasi kamtibmas yang saat ini aman dan kondusif tetap terjaga menjelang Pilkada Tahun 2020.

“Tahun 2020 ini merupakan tahun politik. Karena tahun ini akan dilaksanakan pemilihan Bupati kabupaten Samosir. Oleh karena itu, saya berpesan kepada masyarakat agar jangan mudah terprovokasi dengan berita bohong (hoaks) karena dapat memecah belah persatuan kita. Untuk itu, marilah kita junjung tinggi pesan leluhur kita terdahulu yaitu Dalihan Na Tolu,” jelas mantan Kasat Lantas Polrestabes Medan ini.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres meminta masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan.

“Mulai awal bulan Januari 2020 kita telah memasuki musim kemarau. Untuk itu, saya meminta kepada masyarakat, agar jangan melakukan pembakaran hutan atau lahan dengan sembarangan karena dapat menimbulkan kerusakan lingkungan dan mencemari udara karena kondisi geografis di wilayah kabupaten Samosir ini merupakan daerah berbukit sehingga sulit melakukan pemadaman api jika terjadi kebakaran,” pintanya seraya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah bersedia menerima kehadirannya dan personel.

Sementara itu, warga tiga desa yang disambangi Kapolres dan rombongan juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan tersebut.

Karena itu, masyarakat tiga desa berkomitmen bersama-sama dengan Polri untuk tetap menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada Tahun 2020, khususnya di Kabupaten Samosir.

Pada kegiatan tersebut, Kapolres Samosir memberikan ikan mas sebagai tanda perkenalan kepada masyarakat yang diwakili oleh para tokoh dan kemudian masyarakat memberikan ulos kepada Kapolres Samosir sebagai tanda ucapan terima kasih.

Selain itu, Kapolres Samosir juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat miskin yang ada di tiga desa tersebut. (mc/Jam)