Berita Medan, makobar – Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto meminta Wali Kota Medan Dzulmi Eldin untuk melakukan pendataan terhadap aset bangunan peninggalan kolonial Belanda yang ada di Kota Medan.

Agus melihat, saat ini bangunan bersejarah tersebut tidak jelas pengelolaannya.

“Saya dah sampaikan ke pak Wali agar administrasi gedung tua bersejarah peninggalan kolonial Belanda di data kembali. Seharusnya gedung tersebut dikelola oleh negara,” katanya Jumat, (20/9/2019).

Kapolda bersama jajaran dan Pemko Medan melakukan aksi bersih-bersih dan gotong royong membersihkan gedung Warenhuis di jalan Hindu, Kelurahan Kesawan Kota Medan.

Menurut Agus, kalau di Bandung ada Paris Van Java maka kita di Medan harus dibuat Sumatera Van Java, karena disini banyak bangunan sejarah yang bisa dikelola dan dijadikan tempat wisata.

Kalau wisatawan regional maupun Internasional banyak datang ke Medan, maka kata Agus, dapat meningkatkan pendapatan masyarakat serta PAD Pemko.

“Sumatera Van Java ada di Medan. Saya pikir semua akan senang kalau aset tersebut dikelola dengan baik dan dijadikan salah satu ikon kota Medan ke depannya,” ucap Kapolda.

Agus juga akan memberangkatkan tim gabungan ke Belanda pada Sabtu mendatang untuk memeriksa administrasi gedung-gedung tersebut. (mc/fan)