Konvoi truk kontainer pengangkut 1.000 ton beras untuk pengungsi suriah.

Berita Medan – Sebanyak 1.000 ton beras akan diberangkatkan ke Suriah untuk membantu pasokan pangan terhadap pengungsi di Suriah melalui ‎Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Ribuan ton beras itu, adalah ‎bantuan dan sumbangan dari warga Aceh dan angkat dikirim melalui Kapal Kemanusiaan yang berangkat dari Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sabtu (21/4/2018) mendatang.

“Insya Allah tepat di tanggal 21 April mendatang, beras terbaik dari Indonesia dikirimkan untuk Suriah melalui Turki. Konflik Suriah masih menjadi masalah kemanusiaan terbesar hingga hari ini. 12,5 juta mengungsi, lebih dari 5 juta jiwa diantaranya berada di Turki. Kita akan mendampingi Turki turut menyelesaikan problem kemanusiaan pengungsi Suriah,” ungkap Presiden ACT Ahyudin kepada wartawan di Medan, Selasa (17/4/2018).

Ahyudin mengucapkan terima kasih atas bantuan sumbangan diberikan oleh Warga Aceh kepada pengungsi Suriah.

Ia berharap semoga dengan bantuan ini Allah SWT akan menjauhkan rakyat Aceh dari musibah dan marabahaya.”Membantu bangsa lain, kebaikan itu akan kembali untuk bangsa Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, ‎Marcom ATC Sumut, Ilham M mengatakan pelepasan keberangkatan kapal manusia akan dihadiri 3 menteri, Gubernur Sumut, HT Erry Nuradi, Wali Kota Medan, HT Dzulmi Eldin dan Kedutaan Besar Turki di Indonesia dan para Direksi Pelindo I Belawan.

“Menteri Luar Negeri, Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan‎ dan pejabat lainnya. Ini merupakan bantuan yang akan diserahkan dan sampaikan kepada orang berhak di Suriah,” tutur Ilham.

Ilham mengatakan konvoi 40 kontainer totol angkutan sebanyak 1.000 ton tengah melakukan perjalanan dari Aceh menuju pelabuhan Belawan Medan‎ untuk dilakukan bongkar muat dan dimasukan kedalam kapal kemanusiaan ACT.

“Hari ini (kemarin,red) akan juga tiba konvoi puluhan kontainer akan tiba di Pelabuhan Belawan ini,” tandasnya.(abg)