Home / News

Rabu, 17 Maret 2021 - 17:28 WIB

Jusuf Kalla Sarankan Masjid Jadi Lokasi Vaksinasi

makobar.com – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menyarankan agar masjid bisa menjadi lokasi vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat di tingkat RT dan RW.

“Saya harapkan agar masjid bisa menjadi tempat vaksinasi COVID-19 untuk tingkat RT/RW. Ini masjid yang besar-besar saja yang menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi COVID-19, jadi lebih mudah untuk mengaturnya,” kata JK usai pelantikan Pengurus DMI Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Rabu.

Menurut Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI itu, masjid-masjid besar pasti memiliki lahan luas untuk menampung masyarakat saat vaksinasi, sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

Baca Juga  Gelar Vaksinasi Massal 1000 Dosis, Bobby Optimis Kekebalan Massal di Medan Segera Terbentuk

“Masjid memiliki sarana untuk menunjang pelaksanaan vaksinasi, seperti halaman luas dan bangunan luas, serta memiliki pengeras suara; sehingga bisa memberi pengumuman kepada masyarakat terkait pelaksanaan vaksin COVID-19 tersebut,” ujarnya menjelaskan.

Sementara itu menjelang bulan Ramadhan, JK mengimbau umat Islam untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah di masjid.

Saat beribadah di masjid, masyarakat harus mengenakan masker, menjaga jarak shaft shalat, membawa sajadah sendiri serta mencuci tangan saat masuk dan meninggalkan masjid.

Baca Juga  Polres Tanjungbalai Gencar Sosialisasi Kebiasaan Baru

“Masjid-masjid harus tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, mewajibkan masker, jamaah membawa sajadah sendiri dan masjid harus setiap hari dibersihkan dengan disinfektan,” tutur-nya.

DMI akan membagikan perlengkapan sanitasi dan kebersihan untuk masjid-masjid di daerah, sehingga hal itu dapat meminimalkan angka penyebaran COVID-19, kata JK.

“DMI akan membagikan peralatan untuk menjaga kebersihan masjid tersebut, terutama untuk wilayah yang rawan akan penularan COVID-19,” ujarnya.

Sumber: Antara

Share :

Baca Juga

News

Wappress Meminta Ketua Komisi 1 DPRD Batu Bara Segera Gelar RDP Terkait Dugaan Penyimpangan Proyek LPJ RSUD
Waspada! 4 Gejala Covid-19 yang Bisa Anda Alami

News

Long COVID, Hantui Pasien yang Telah Dinyatakan Sembuh

Ekonomi

Sekarang Saka Hotel Sudah Ada Live Musik
Persebaya Ditinggal Pemain Bintang Jelang Piala Menpora

News

Persebaya Ditinggal Pemain Bintang Jelang Piala Menpora

Hukum

Lapas dan Rutan di Sumut Rencanakan Diagnosa Cepat Cegah Covid-19
Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto

News

Bareskrim Ungkap Pencarian Tersangka Kasus Penodaan Agama
Selain pencopotan, Bobby Nasution dalam mewujudkan reformasi birokrasi dengan menempatkan pejabat di lingkungan Pemko Medan lewat sistem lelang jabatan dan assesmen.

News

Tangan Dingin Bobby Nasution BerhasilNasution Berantas Penyakit Pungli di Medan
Boruto Episode 188 Kebangkitan

News

Sinopsis Boruto Episode 188 Kebangkitan