Home / Ekonomi / News

Kamis, 1 April 2021 - 14:52 WIB

Jelang Bulan Ramadhan Harga Telur Stabil, Peternak Terus Merugi

Ketua Asosiasi P3SU Drh. Fadhillah Boy

Ketua Asosiasi P3SU Drh. Fadhillah Boy

makobar.com – Jelang bulan suci Ramadhan tahun ini yang sebentar lagi akan tiba, harga telur di kandang saat ini adalah 990 s/d 1.030 tergantung kualitas masing-masing. Hal tersebut disampaikan Ketua Asosiasi Perhimpunan Peternak Petelur Sumatera Utara (P3SU) Drh. Fadhillah Boy pada Kamis (1/4/2021).

Telur ayam merupakan salah satu sumber protein yang murah dan mudah diolah sebagai bahan makanan oleh masyarakat. Hal ini lah yang menjadikan telur ayam memiliki permintaan yang cukup tinggi di masyarakat. Ketua Asosiasi P3SU Fadhillah Boy berharap agar harga terlur pada bulan suci Ramadhan kedepan dapat stabil dan tetap di atas Harga Pokok Produksi (HPP) yaitu Rp.1.200-Rp.1.250 per butirnya.

” Kami berharap harga telur tetap stabil dan tidak mahal pada bulan puasa nanti namun kami juga berharap kedepannya harga jual bisa diatas HPP kami.” Ujarnya

Baca Juga  Dr Muryanto Amin Resmi Dilantik Sebagai Rektor ke-16 USU

Fadhillah mengungkapkan kekhawatirannya terhadap harga bahan baku pakan ternak terutama jagung sebagai salah satu bahan baku campuran pakan paling besar yang terus mengalami kenaikan harga. Sehingga peternak semakin lama malah semakin merugi dan jika kondisi seperti ini terus berlanjut, banyak peternak yang bangkrut dan disayangkan akan banyak pengangguran tenaga kerja nantinya.

” Malah kami dari P3SU sangat mengkhawatirkan harga jagung sebagai bahan baku pakan paling besar yang terus naik. Lama kelamaan kami terus merugi akan banyak peternak yang bangkrut.” Ungkapnya

Fadhillah kembali berharap agar pada bulan puasa nanti harga telur tetap stabil diatas 1.250/butir (harga di kandang RED.), karena hampir dua bulan ini semua peternak petelur menyalurkan aspirasinya ke asosiasi P3SU agar harga telur normal kembali seperti biasanya sebab harga bahan baku pakan kenaikannya sangat signifikan malah harga telur terjadi penurunan yang luar biasa.

Baca Juga  OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Dalam Bentuk Platform

” Kami terus berharap agar nanti pada saat puasa harga telur dapat kembali normal karena dua bulan belakangan ini hampir semua peternak mengadu ke P3SU bahwa harga pakan naik dengan signifikan sedangkan harga terul terjadi penurunan yang luar biasa,” Pungkasnya.

Sementara itu pantauan dari sejumlah pedagang di tengah masayarakat, harga jual telur di pasaran berkisar Rp.1.200 hingga Rp.1.500 per butir sesuai besar atau kecil nya telur.

(mc/yud)

Share :

Baca Juga

IHSG Naik

Ekonomi

IHSG Dibuka Menguat 0,50% ke Level 5.031,20
Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa (foto: tempo)

Internasional

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

News

Sampaikan LKPj 2020 ke DPRD Sumut Gubernur Edy Rahmayadi Sebut Tiga Sektor Berbasis Desa Menjadi Unggulan
Dirlantas Polda Sumut : Mendalami Kronologis Penyebab Tabrakan Maut

News

Dirlantas Polda Sumut : Terus Mendalami Kronologis Penyebab Tabrakan Maut
Ilustrasi penangkapan pelaku kejahatan

News

Pelaku Parodi Indonesia Raya Ternyata WNI

News

Fritz Edward Siregar Bekali Panwascam se-Kota Medan
Sambut Ulang Tahun Ke-13, DPD Gerindra Sumut Gelar Bakti Sosial

News

Sambut Ulang Tahun Ke-13, DPD Gerindra Sumut Gelar Bakti Sosial
Pemeriksaan Habib Rizieq Shihab di ruang penyidik Polda Metro Jaya, didampingi kuasa hukum dari FPI ( sumber: kompas.tv)

Hukum

Alasan Polda Metro Jaya Menahan HRS