Parsoburan – Jalan lintas provinsi di Habinsaran Parsoburan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) amblas sedalam 2 meter lebih. Akibatnya, seluruh aktivitas lalulintas dan masyarakat terhenti.

“Kejadiannya tadi malam sekira pukul 23:00 WIB. Jalan yang tadinya masih layak dan bagus untuk dilalui kendaraan sekarang sudah amblas,” ujar salah seorang warga, Mariani Pardosi, Jumat (9/2/2018) di Parsoburan.

Dia mengatakan, akibat terputusnya jalan membuat arus lalulintas dan aktivitas warga pun terhenti.

“Kami tidak berdaya mencarikan solusi, sementara kegiatan kami pilih untuk berhenti dulu,” ucapnya.

Senada disampaikan Donal Pasaribu. Akibat jalan menuju kampungnya terputus dengan tiba tiba menjadi masalah baginya. Sebab, dalam perjalanannya dari Medan begitu tiba di Parsoburan ternyata tidak dapat melanjutkan perjalanan hingga di rumah karena jalan sedang amblas.

“Kami menaiki truk berisi bahan bangunan yang akan kami perjualbelikan di kampung. Karena jalan terputus, maka kami biarkan truk parkir di jalan,” ucapnya.

Kadis PUPR Pemkab Tobasa, Darlin Sagala, mengatakan, jalan yang amblas tanggung jawab dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Namun demikian, pihaknya akan mendatangkan alat berat membuat jalan sementara agar dapat dilalui.

“Kami akan kirimkan alat berat nanti. Untuk perbaikan mudah-mudahan provinsi menjawab surat kami nanti,” katanya singkat.(mc/min)