Iwan Kincit, Pelaku Pembakaran Kekasih Dihadiahi Timah Panas
Tersangka Iwan Kincit saat diamankan di Mapolres Pelabuhan Belawan. (mc/Ameq).

Berita Medan – Seminggu sudah perburuan petugas kepolisian terhadap Irwanto alias Iwan alias Kincit (35) dalam kasus pembakaran terhadap kekasihnya DAL alias LI (16), Senin (7/5/2018) lalu.

Akhirnya, tim gabungan Polda Sumut, Sat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan, serta unit Reskrim Polsek Medan Labuhan dibawah pimpinan Kasubdit III Jahtanras AKBP Maringan Simanjuntak, berhasil membekuk tersangka di di daerah Gaperta, Medan Helvetia pada Senin 14 Mei 2018 sekitar pukul 20.30 WIB

“Atas kerja keras tim terpadu Polda Sumut, akhirnya tersangka pelaku pembakaran terhadap korban yang masih dibawah umur, berhasil diamankan ,” ujar Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis, S.H., M.H didampingi Kasat Reskrim AKP Yayang Rizki Pratama dalam keterangan persnya, Rabu (16/5/2018) sore.

Ia mengatakan, tersangka membakar kekasihnya hanya karena api asmara lantaran terlihat sedang bersama lelaki lain.

Baca Juga : Jelang Ramadhan, Polsek Medan Baru Razia Miras

“Malam itu, menurut pengakuan tersangka, dirinya melihat korban jalan bersama lelaki lain. Sehingga menyulut api cemburu dalam dirinya, malam itu juga ia menghampiri korban dan menyuruh temannya bernama Mohan Putra untuk membeli bahan bakar minyak jenis pertalite di warung. Saat itulah tersangka membakar korban yang sebelumnya menyiram menggunakan minyak pertalite tersebut,” bebernya.

Masih kata perwira berpangkat dua melati emas dipundaknya ini, tersangka terpaksa dilumpuhkan karena mencoba kabur dan melakukan perlawanan terhadap petugas.

“Dia (Iwan Kincit-red) saat diamankan berusahan melawan dan melarikan diri, sehingga petugas memberikan tembakan terarah dan terukur dengan melumpuhkan korban dibagian kaki sebelah kanannya. Saat itu pula tersangka dilarikan ke RS. TNI Angkatan Laut Belawan untuk mendapatkan perawatan intensif,” tegasnya.

Baca Juga : Lakukan Perdagangan Satwa Dilindungi, Ilyas Dituntut 3 Tahun Penjara

Selain mengamankan tersangka petugas berhasil menyita barang bukti berupa 1 buah pigura hiasan dinding gambar buah-buahan yang sebagian terbakar, 1 botol Aqua besar bekas isi minyak pertalite yang sudah terbakar, 1 potong celana panjang warna biru yang sebagian terbakar, 1 potong baju kaos perempuan lengan pendek warna kuning bekas terbakar, 1 potong BH perempuan warna putih, serta 1 potong celana dalam perempuan warna putih.

“Tersangka dikenakan pasal berlapis yakni Pasal 187 ayat (2) KUHP Jo Pasal 80 ayat (2) Jo pasal 76 huruf c undang-undang No. 35 tahun 2014 tentang perubahan atas undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Ancaman hukuman untuk pasal pembakaran maksimal 12 tahun dan untuk kekerasan terhadap anak dibawah umur 5 tahun. Saat ini tersangka dalam proses perawatan intensif di rumah sakit,”ujarnya.

Sementara, Iwan Kincit kepada makobar.com, mengaku menyesal telah melakukan perbuatan itu ” Aku membakarnya karena cemburu dan aku sangat menyesal sudah melakukan perbuatan tersebut” akunya di Mapolres Pelabuhan Belawan. (mc/ameq)