Home / Uncategorized

Sabtu, 18 Juli 2020 - 16:27 WIB

IPEMI Sumut Serahkan 2.500 Ekor Bibit Ikan Nila ke Nelayan Desa Sentang Sergai

makobar.com – Pengurus Wilayah Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumut yang diketuai oleh Hj Yulidar Bugis, SE, terus bergerak dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat di masa pandemi virus corona.

Setelah melaksanakan pembagian 2.500 bibit cabai untuk seluruh Pengurus Daerah IPEMI se-Sumut yang dibagikan kepada masyarakat di masing-masing kabupaten/kota, IPEMI Sumut kembali menunjukkan kepeduliannya.

Melalui sinergi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Sumut dalam memberikan bantuan berupa 2.500 ekor bibit ikan nila kepada kelompok nelayan yang berlokasi di Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai, Jum’at (17/7/2020).

Penyerahan dilakukan oleh Ketua IPEMI Sumut, Hj Yulidar Bugis, SE, didampingi Ketua IPEMI Kabupaten Serdang Bedagai Hj Rosmaidah Saragih, yang juga istri dari Wakil Bupati Sergai,

Dan disaksikan oleh perwakilan dari Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan anak Provsu serta yang mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anakan Kabupaten Sergai, juga unsur pimpinan daerah Kabupaten Sergai lainnya.

Ketua IPEMI Sumut dalam kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari program di bidang pertanian, yang telah diawali dengan pembagian 2.500 polybag bibit tanaman cabai (varietas lado dan rawit caplak) gratis

Untuk para pengurus dan anggota IPEMI kabupaten/kota se-Sumatera Utara. Penyerahan dilakukan di Balai Induk Hortikultura Gedung Johor Medan, Selasa (16/06/2020)

“Semua program yang kami lakukan ini diharapkan dapat bermanfaat dan membantu kebutuhan dapur para ibu yang berkiprah di IPEMI Sumut,”

“Di mana umumnya anggota IPEMI Sumut adalah para pelaku usaha kuliner, sehingga hasil dari bibit cabe dan ikan tersebut bisa langsung dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga,” kata Hj Yulidar.

Ia sangat berharap agar 2.500 ekor bibit ikan yang baru diberikan itu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh anggota masyarakat yang menerimanya.

“Dengan proses pembudidayaan yang baik, semoga dari 2.500 ekor bibit ikan nila ini akan bisa berkembang menjadi 5.000 ekor, berkembang lagi menjadi 10.000 ekor,”

“Dan seterusnya, yang sudah tentu akan membawa keuntungan ekonomi bagi masyarakat,” kata Hj Yulidar.

Melalui kegiatan itu, Ketua IPEMI Sumut berkeyakinan, ekonomi masyarakat perlahan-lahan akan bangkit, yang pada muaranya akan turut menopang perekonomian daerah dan nasional.

Program perikanan ini merupakan kegiatan pendamping dari IPEMI Sumut yang fokusnya adalah pemberdayaan ekonomi keluarga dan peningkatan produktivitas UMKM. Program perikanan ini akan memberikan hasil yang bisa dimanfaatkan secara langsung oleh ibu-ibu.

“Baik untuk memenuhi kebutuhan konsumsi di rumah tangga, maupun mendapatkan nilai ekonomis berupa pertambahan ekonomi keluarga,” kata Hj Yulidar.

Selain dijual dalam kondisi utuh, imbuhnya, ikan nila juga akan bisa diproduksi menjadi kerupuk ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi di masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Hj Yulidar juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya program yang sangat bermanfaat itu.

Ke depannya IPEMI Sumut akan terus mengembangkan program-program lain, sehingga keberadaan organisasi yang dipimpinnya itu dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Sumatera Utara.

Terlebih dalam kondisi pandemi di mana seluruh sektor ekonomi terdampak secara negatif dan memengaruhi pendapatan keluarga.

Yulidar juga memotivasi para pengurus IPEMI di daerah lain yang ada di Sumatera Utara, untuk sama-sama mencari solusi bagi peningkatan produktivitas UMKM yang menjadi anggotanya masing-masing.

“Banyak hal yang masih bisa kita upayakan bersama-sama untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang terjadi di masa sekarang,”

“Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita semua dapat kembali mengeksplorasi seluruh kemampuan dan kreativitas kita yang bernilai ekonomi secara maksimal.” Kata Hj Yulidar optimis.

Share :

Baca Juga

Film Divergent

Uncategorized

Film Divergent: Gadis 16 Tahun Berada di Dunia yang Brutal
Harga Emas Antam Stabil

Uncategorized

Sabtu 18 Juli 2020, Harga Emas 24 Karat Antam Naik Rp12.000

Uncategorized

Manfaat Lemon untuk Kesehatan Tubuh Anda
Film G.I. Joe: The Rise of Cobra

Uncategorized

Film G.I. Joe: The Rise of Cobra Tayang Malam Ini

Uncategorized

Film Blair Witch: Kisah Seorang Penyihir di Tengah Hutan
Rupiah Menguat

Uncategorized

Kurs Rupiah Diramalkan akan Tertekan Minggu Depan
Film Survivor

Uncategorized

Film Survivor: Kota New York Diledakan Teroris

Uncategorized

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh