Ini 12 Poin Hasil KTT OKI ke-14 Tertuang dalam Deklarasi Makkah Al-Mukarramah
KTT OKI di Makkah. (Foto: Yadi Hendriana

Jakarta, makobar.com – Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Makkah, Arab Saudi menghasilkan 12 poin yang disebut sebagai ‘Deklarasi Makkah Al-Mukarramah’.

melansir okezone, Sekjen OKI, Yousef bin Ahmad bin Abdul Rahman Al-Othaimeen mengucapkan syukurnya atas keberhasilan menyelenggarakan KTT OKI ke-14 pada 31 Mei 2019, atau bertepatan dengan 26 Ramadan 1440 H.

Adapun isi deklarasi tersebut sebagai berikut:

  1. Berkomitmen mendukung OKI mencapai tujuan yang ditetapkan dalam piagamnya melalui aksi bersama kerja sama Islam yang direpresentasikannya dan bergerak menuju visi baru untuk masa depan yang menjanjikan bagi dunia Islam, membantunya mengatasi tantangan internal dan internasional seperti menjaga keamanan dan stabilitas
  2. Berupaya membangun kapabilitas dan undang-undang di negara-negara Islam untuk membantu mencapai tujuan pembangunan.
  3. Menekankan pentingnya Palestina sebagai sentral perjuangan umat Islam untuk mengakhiri pendudukan Israel di teritori Arab dan Palestina sejak 1967.
  4. Mengecam segala bentuk dan manifestasi terorisme, ekstremisme dan fanatisme dengan mempererat barisan melawan organisasi teroris dan menerapkan hukum untuk melawan momok tersebut.
  5. Mengecam serangan teroris terhadap Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, yaitu serangan terhadap stasiun pemompa minyak dan kapal komersial di perarian teritorial Arab Saudi. Menyerukan pada dunia internasional untuk menjalankan tanggungjawabnya menjaga perdamaian dan keamanan di kawasan.
  6. Menolak menghubungkan terorisme dengan kewarganegaraan, peradaban atau agama apa pun dan menolak pemberian dukungan langsung mau pun tidak langsung pada kelompok atau organisasi yang mendorong kekerasan, ekstremisme dan terorisme dengan dalih apa pun..
  7. Mengutuk segala bentuk intoleransi, diskriminasi berdasarkan agama, warna kulit atau keyakinan, menekankan pentingnya toleransi saling menghormati dialog antara masyarakat.
  8. Menolak sektarianisme dan fanatisme dalam segala bentuk dan manisfestasi. Mendorong upaya nasional untuk mengatasi sektarianisme dan mempromosikan rekonsiliasi antar umat muslim.
  9. Menegaskan bahwa mereka yang memimpin media sosial memiliki tanggungjawab besar dalam mencapai tujuan dan sasaran persaudaraan Islam dan menjauhi menyebabkan kekacauan di kalangan umat Islam.
  10. Menekankan pentingnya dukungan bagi muslim di negara non Islam yang menderita persekusi ketidakadilan koersi dan agresi.
  11. Menekankan pentingnya OKI menyadari perubahan dan perkembangan di tingkat internasional yang diperlukan untuk membuat program alat agar dapat memainkan perannya di tingkat regional dan internasional agar dapat mencapai aksi Islam yang konsensual.
  12. Ucapan terima kasih buat Raja Salman beserta Putra Mahkota Muhammad bin Salman al-Saud atas KTT OKI ke-14 dan upaya memperkuat hubungan dan persaudaraan di antara negara-negara Islam. (mc/min/okz)